Bagi Lahan 5 Ha Perdesa, Hamdani Dukung Wacana Bupati Abdya

0

BLANGPIDIE – realitasonline.id | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya (DPRK Abdya) Hamdani JB mendukung penuh wacana Bupati di kabupaten setempat yang akan membagi lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi (CA) untuk masing-masing desa sebanyak lima hektare.

“Saya selaku anggota DPRK dari daerah pemilihan (Dapil) dua meliputi Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan dan Setia, mendukung penuh upaya Bupati Abdya Akmal Ibrahim yang akan membagikan lahan kepada masyarakat, ormas Islam, Mesjid, termasuk 152 desa juga para eks kombatan GAM,” katanya kepada wartawan, Selasa (27/10)

Dengan hadirnya program itu, kata Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, dapat meningkatkan pendapatan asset untuk desa. 

“Khususnya untuk wilayah dapil dua, saya sudah berkomunikasi dengan Camat dan beberapa kepala desa (Keuchik), agar lahan lima hektare yang diwacanakan bupati tersebut segera terwujud,” tutur Hamdani.

Terakhir, Hamdani berharap proses pembagian lahan itu bisa dipercepat. Dimana, banyak masyarakat Abdya mulai bertanya-tanya, kapan lahan bekas HGU itu bisa dibagikan. “Saya yakin bahwa komitmen bupati itu bukan hanya sekedar wacana tapi memang sungguh-sungguh,” tandasnya.

Diinformasikan sebelumnya, proyeksi lahan HGU PT CA seluas 2800 hektar, saat ini hanya bisa dikelola oleh perusahaan berkisar 2002 hektar saja, sesuai putusan hukum yang mengikat. Selebihnya, sekitar 900 lahan plasma dan 1960 TORA, dikembalikan ke Negara/Daerah, dalam hal ini dibawah kewenangan Pemkab Abdya.

Lahan yang sudah dimenangkan Pemkab Abdya dimaksud, seterusnya akan dikelola dan dibagikan kepada masyarakat. Dimana, dalam pembagian nantinya juga akan mengalir kepada Hafiz Qur’an, Mesjid, Ormas, mantan combatan GAM, hingga ke Pemerintahan tingkat Desa. (ZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here