Jumat, Agustus 7, 2020
Beranda Aceh Bayi Penumpang KMP Teluk Singkil Lahir Meregang Nyawa di Kantor Pelabuhan Singkil

Bayi Penumpang KMP Teluk Singkil Lahir Meregang Nyawa di Kantor Pelabuhan Singkil

SINGKIL – realitasonline.id | Seorang penumpang KMP Teluk Singkil melahirkan bayi laki-laki  merengang nyawa di kantor pelabuhan penyebrangan ASDP Fery cabang Singkil, Provinsi Aceh. 

Peristiwa ini sempat viral di Medsos dan dari berbagai informasi yang dihimpun Realitasonline, Rabu malam (29/7/2020) bayi itu anak pasangan dari penumpang kapal feri yakni, ibunya, Yustina Gulo (25) dan Tawari Hia (27) yang hendak berangkat ke Gunung Sitoli Nias Sumatera Utara, namun tertahan di pelabuhan ASDP Cabang Singkil. 

Peristiwa meninggalnya bayi dari pasangan muda yang hendak pulang ke kampung halamannya itu  saat hendak melahirkan bayinya dalam keadaan sungsang dan terlambat penanganannya pada Selasa (28/7/2020) menjelang Subuh. 

Sebelum peristiwa memilukan itu terjadi, keadaan Yustina istri Tawari Hia saat itu dalam keadaan hamil tua, dan bersama anak pertamanya berusia 1,5 tahun masih dalam di gendongnya. 

Yustina Gulo merencanakan proses kelahiran anaknya di kampung halamannya di Nias.

Namun, malang ketika pasangan suami istri Yustina, Tawari Hia dan anak pertamanya hendak berangkat di pemeriksaan akhir tiket, mereka tidak mempunyai kelengkapan dokumen surat rapid tes kesehatan bebas COVID-19 sesuai surat edaran yang keluarkan oleh pihak wali kota gunung sitoli. 

Sehingga suami istri itu dan penumpang lain yang juga tak memiliki dokumen dibatalkan untuk berangkat menuju Nias. Sehingga para penumpang terpaksa menginap di ruang tunggu penumpang kantor pelabuhan Feri ASDP Cabang Singkil, Pulo Sarok. 

Keesokan harinya Selasa (28/7/2020) sekitar pukul 03.30 WIB dini hari  Yustina yang sedang dalam keadaan hamil tua melahirkan seorang diri tanpa medis. Anak yang lahir berjenis kelamin laki – laki dalam keadaan meninggal dunia. 

Kelahiran bayi laki-laki malang itu sempat mengegerkan penumpang lainnya karena kelahiran wanita itu tanpa pertolongan bidan dan bayinya seketika meninggal di tempat. 

Kemudian selang beberapa menit dibantu warga Yustina dievakuasi ke Puskesmas Singkil dengan mobil ambulan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mendapatkan proses perawatan persalinan.

Selanjutnya sekitar Pukul 20.00 WIB keluarga  korban kembali dari Puskesmas ke kantor Pelabuhan Singkil untuk keberangkatan  ke gunung sitoli (nias) via KMP  Teluk Singkil namun karena cuaca buruk kapal Feri gagal  berangkat.

Sehingga atas permintaan keluarga korban meminta bayinya di suntik formalin dan di fasilitasi oleh pihak kantor Perhubungan, ASDP dengan menghubungi tenaga medis dan dilaksanakan penyuntikan oleh tenaga medis dari RSUD Singkil. 

Penyuntikan formalin berjalan lancar dan selesai pukul 11.00 WIB. Hingga pada Rabu (29/7/2020) Yustina, bersama suaminya Tawari Hia dan anak pertamanya serta penumpang menuju Gunung Sitoli diberangkatkan menaiki KMP Teluk Singkil. Itupun kabarnya izin berangkat atas tanggung jawab Kepala Pelabuhan Gunung Sitoli, Sumatera Utara. (RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

Bupati Labuhanbatu Hadiri Lepas Sambut Dandim 0209/LB

LABUHANBATU – Realitasonline | Pada acara lepas sambut Dandim 0209/LB, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT menyampaikan, "Selamat datang Dandim 0209/...

Kejari Simalungun Terima 413 Berkas Tilang Operasi Patuh Toba

Simalungun - Realitasonline | Hasil operasi patuh Toba 23 Juli s/d 5 Agustus yang dilakukan Polres Simalungun, untuk Minggu pertama, sejumlah 413...

Kadistan Tapsel : Ikut AUTP, Petani Tidak Perlu Takut Gagal Panen

TAPANULI SELATAN - realitasonline | Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ir. H Bismark Muaratua Siregar mengajak para petani khususnya petani...

Erick Thohir Angkat Bakir Pasaman Jadi Dirut PT Pupuk Indonesia

SINGKIL - Realitasonline | Mentri BUMN Erick Thohir mengangkat Bakir Pasaman menjadi direktur utama PT Pupuk Indonesia (4/8/20). Bakir Pasaman salah satu...