Jumat, Juni 18, 2021
BerandaAcehHarga Emas di Abdya Rp.2,7 juta Permayam

Harga Emas di Abdya Rp.2,7 juta Permayam

BLANGPIDIE – realitasonline.id | Menyambut Hari Idul Fitri 1442 hijriah, harga emas di Kabupaten  Aceh Barat Daya (Abdya) masih relatif stabil. Meskipun begitu, antara masyarakat yang membeli emas dan menjual emas pada saat ini terhitung berimbang.

“Naik turunnya harga emas ini tidak merata, artinya bahwa harga emas untuk beberapa hari ini mengalami kenaikan secara bertahap,” kata Rizal salah seorang pedagang emas kawasan Kota Blangpidie, Senin (10/5).

Dikatakannya, dalam beberapa hari terakhir harga emas mencapai Rp. 2.720.000 ribu per mayam atau setara dengan 3,37 gram. Sebelumnya harga emas di Abdya sempat turun ke angka Rp.2.600.000 per mayam.

Menurutnya, saat ini persentase jumlah pembelian emas  cenderung berimbang dibandingkan yang hendak menjualnya. Hal tersebut dimungkinkan tingkat pendapatan dari masyarakat Abdya mulai menurun, sehingga mendorong minat masyarakat untuk menyimpan penghasilannya dalam bentuk benda berharga seperti emas dan sementara dilain sisi ada yang menjual untuk kebutuhan menjelang lebaran.

Baca Juga: Serabi Mesjid Peudada Berakhir, 45 Yatim Terima Beasiswa

Baca Juga: Buka Musda LADN, Bupati Taput Harapkan Pengurus Lahirkan Regulasi Pesta di…

Harga logam mulia emas bergerak fluktuatif setiap harinya. Meski harga emas memiliki kecenderungan naik, tetap saja adakalanya harga emas akan turun. Menurutnya, turun naiknya harga emas saat ini tergantung nilai tukar dollar AS, suku bunga, permintaan dan penawaran serta ketidakpastian global. Diperkirakan, harga emas akan terus naik hingga lebaran nanti usai.

Sementara itu, Ulfa salah seorang konsumen kepada wartawan menyatakan, harga emas naik turun tidak menjadi masalah, namun itu sudah menjadi resiko bagi pedagang ataupun pembeli. 

“Jika harga emas naik itu kesempatan untuk konsumen menjual emas. Namun apabila harga emas turun waktunya belanja emas,” paparnya.

Terkait kondisi itu, dia lebih memilih membeli emas saat ini untuk mengakali harga. Biasanya harga emas akan terus meninggi seperti pengalaman sebelumnya, harga emas pernah mencapai Rp. 3 juta lebih. Akhir-akhir ini omzet penjualan emas menurun drastis terlebih selama masa pandemi Covid-19 melanda Indonesia. (ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU