Senin, September 20, 2021
BerandaAcehHobi Berkebun Alternatif Tambah Pemasukan di Masa Pandemi

Hobi Berkebun Alternatif Tambah Pemasukan di Masa Pandemi

SINGKIL realitasonline.id | Angka penularan Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Selain itu penyebarannya juga semakin luas. Maka Pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, tidak menutup kemungkinan, banyak waktu luang yang kita dapat selama periode ini. Dan akhirnya, berkebun menjadi satu alternatif pilihan.

Berkebun menjadi hobi yang murah meriah dan sekaligus dapat menambah pemasukan kita menurut Rita salah satu ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Singkohor karena tidak membutuhkan biaya yang banyak, tempat yang luas bahkan waktu yang benar-benar longgar.

Rita menjelaskan kepada realitasonline.id Cukup dilakukan saat waktu luang saja dan di letakkan di teras rumah saja. Apalagi, saya tinggal di pelosok desa. Banyak sekali tanaman yang bisa saya budidayakan.

Di awal pandemi, disaat maraknya para pecinta bunga Rita mengembangkan hobinya, ia berpikir untuk memulai hobi ini. Namun disaat semua orang sudah mulai bosan, saya baru memulainya. Semua orang mentertawakan saya, tapi, saya cuek saja. Karena memang saya ingin memulainya

“Berawal dari satu bunga pemberian salah satu teman saya , akhirnya saya ketagihan untuk menanam bunga yang lainnya. Bunga yang saya tanam, bukan bunga yang mahal atau mengharuskan saya merogoh kocek yang banyak”

Rita hanya menanam bunga-bunga yang ada disekitar rumah, lalu ia pindahkan ke dalam pot bunga. Banyak juga bunga yang berasal dari beberapa temanya. Kalau untuk membelinya, ia masih merasa sayang, karena Rita belum pandai membudidayakannya.

Menanam bunga ternyata tidak semudah yang saya bayangkan lanjut Rita, Jenis tanah pun akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup bunga tersebut. Terlalu sering menyiram bunga pun akan membuat akar tanaman menjadi busuk, dan yang terjadi kemudian, bunganya pun mati.

Beberapa jenis bunga ada yang suka air, ada yang tidak suka air. Ada juga jenis bunga yang suka panas matahari, ada yang tidak suka. Jadi, kita harus ekstra cerdas dan jeli bagaimana merawatnya. Pemberian pupuk serta media yang tepat harus benar-benar diperhatikan.

Baca Juga:   Bupati Aceh Selatan: Seleksi CPNS Tak Siapapun yang Bisa Membantu

Dengan berkebun bunga ini cukup membantu saya dalam menambah penghasilan sehari-hari dan peminat bunga sampai sekarang ini terus meningkat.

Intinya di setiap kesulitan pasti ada juga kemudahan, tetap berusaha degan mengembangkan inovasi- inovasi baru tampa melanggar prokes dan aturan pemerintah yg telah ditetapkan.

Karena menurut Rita peraturan yang telah di buat atau ditetapkan pemerintah tetang pembatasan kegiatan di luar rumah itu adalah salah satu solusi yg baik bagi kita semua karena, dengan kita membatasi kegiatan di luar rumah, berarti kita telah turut andil dalam mencegah penyebaran dan penularan virus corona ini.

Baca Juga:   Oknum Ketua KIP Abdya Ditetapkan Jadi Tersangka

Karena dengan kita menerapkan Prokes berarti kita membantu untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

Agar tidak ada lagi kasus pasien Positif dan meninggal dunia akibat Covid-19 dan kita bisa beraktivitas seperti biasanya tampa ada pembatasan.

Maka dari itu Rita berharap kesadaran semua pihak dalam menjalankan dan menerapkan Protokol Kesehatan seperti : mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

Karena menjalankan Protokol Kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama dalam upaya memberantas penyebaran Covid-19 ini.

Menghadapi masa krisis saat ini tidaklah mudah, Untuk dapat melaluinya. kita harus beradaptasi dengan keadaan, Anda boleh saja khawatir, tapi tetap harus berusaha menjalankan pekerjaan yang menurut kita bisa menjadi tambahan penghasilan tampa harus melanggar aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah

Karena masih berhadapan dengan Covid-19, kita harus senantiasa berubah perilaku kita memutus mata rantai itu sambil mengembangkan inovasi kreativitas agar supaya bisa produktif, kreatif, tetapi tetap aman,” ujarnya. (FP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU