Selasa, Desember 7, 2021
BerandaAcehJelang Akhir Tahun, Baru 36 Desa di Abdya Proses Pencairan Tahap III

Jelang Akhir Tahun, Baru 36 Desa di Abdya Proses Pencairan Tahap III

BLANGPIDIErealitasonline.id | Dari 152 Desa (Gampong) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga akhir bulan November ini, baru sekitar 36 Gampong yang sudah dalam proses pelimpahan ke keuangan untuk pencairan tahap tiga. Sementara 42 Gampong dalam proses verifikasi.

Sementara puluhan Gampong lainnya masih dalam tahap proses input untuk capaian output sebagai syarat pengajuan pencairan tahap selanjutnya (tiga). 

“Capaian output nya harus sekitar 75 persen dan serapan anggaran sampai tahap dua minimal 90 persen. Baru bisa Gampong untuk mengajukan tahap tiga,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4), Nur Afni SPd melalui Kabid Pemberdayaan Gampong, Arif Zul Fahmi, Rabu (24/11).

Baca Juga:   Dilantik di Sabang, Ini Pengurus PWI Aceh 2021-2026

Selain syarat dari realisasi penyerapan itu, masing-masing Gampong juga telah selesai melakukan perekaman penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat hingga bulan November. 

“Kita berharap, Gampong secepatnya bisa mencapai target realisasi tersebut agar penyaluran tahap tiga sudah bisa dicairkan dan tidak terlindas batas waktu yang sudah ditentukan,” ungkap Arif.

Upaya itu terus disampaikan kepada aparatur Gampong agar tidak terlambat batas waktu paling lambat 15 Desember mendatang. “Paling lambat tanggal 15 Desember, semua Gampong itu telah cair tahap tiga,” tuturnya.

Baca Juga:   Sayap Kanan Irigasi Krueng Susoh Jebol, Sawah Terancam Kering

Bahkan untuk mempercepat proses pencairan tersebut, DPMP4 melalui bidang pemberdayaan Gampong siap membantu agar proses input data kegiatan dalam Gampong sesuai target yang direalisasi. 

“Kalau ada operator Gampong yang masih belum terlalu paham mengenai input data, silahkan datang ke ruang kita akan kita bantu,” tuturnya.

Informasi yang diperoleh wartawan, sejumlah aparatur Gampong terus berdatangan ke instansi yang membawahi 152 Gampong tersebut untuk melakukan penginputan data agar sinkron dengan proses realisasi di lapangan. (ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU