Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaAcehMasjid Agung Baitul Ghafur Abdya Salurkan Daging Kurban kepada 840 Mustahik

Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya Salurkan Daging Kurban kepada 840 Mustahik

BLANGPIDIE – realitasonline.id | Panitia kurban yang dibentuk Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Agung Baitul Ghafur, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), membagikan daging kurban kepada 840 warga yang berhak menerimanya (mustahik, Rabu (21/7/2021) pagi. 

Penyaluran daging hewan kurban yang sudah ditumpuk-tumpuk itu, dilaksanakan pada hari kedua Idul Adha 1442 H Hijriah/2021 Masehi. Prosesi penyembelihan enam ekor ternak sapi atau lembu berlangsung di Kompleks Masjid Agung Baitul Ghafur berlokasi di Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie.

Penyembelihan enam ekor sapi sebagai hewan kurban tahun ini merupakan yang kedua setelah peresmian masjid kebanggaan masyarakat Abdya itu diresmikan oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim pada tahun 2020 lalu.  

Ketua BK Masjid Agung Baitul Ghafur, Salman Alfarisi ST, didampingi Ketua  dan Sekretaris Panitia Kurban, Mawardi Yahya dan Syukri Usman menjelaskan pada hari raya kurban tahun ini panitia menyembelih enam ekor ternak sapi dan satu ekor kambing.

Ternak kurban berupa sapi dan kambing tersebut diserahkan jamaah dan kelompok masyarakat.

“Seperti hari Raya Adha tahun lalu,  panitia menerima hewan kurban dari masyarakat atau jamaah untuk disembelih, lalu dagingnya dibagikan atau disalurkan kepada masyarakat yang berhak,” kata Syukri Usman.

Enam ternak sapi kurban itu masing-masing satu ekor dari Akmal Ibrahim SH (Bupati Abdya) bersama anggota keluarga, satu ekor keluarga besar Akmal Ibrahim SH, satu ekor dari keluarga besar H Darwis Abubakar. 

Baca Juga:   Proyek Jalan Dua Jalur Terhambat Pembebasan Tanah

Selanjutnya, satu ekor dari keluarga besar Salman Alfarisi ST, satu ekor dari Ikhwan Alian bersama anggota keluarga serta  satu ekor dari kelompok masyarakat beranggotakan, Rajendra Cakrawangsa, M Lutfi Adiwangsa, Hasmawati, Nurmalis, Hj Cut Putri dan Ratnawati.

Sedangkan kambing kurban berasal dari Jarot Hasmoro.  Hewan sapi dan kambing korban tersebut setelah disembelih oleh panitia, selanjutnya  disalurkan kepada 840 warga atau mustahik di  10 desa/gampong dalam Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa.  

Warga yang menerima daging kurban itu tersebar di 10 gampong, yaitu Ladang Neubok, Lueng Tarok, Asoe Nanggroe, Cot Jirat, Lueng Asan, Guhang, Seunaloh, Jalan Manyang Meudang Ara, Jalan Manyang Keude Siblah dan Panton Raya.

Baca Juga:   Proyek Jalan Dua Jalur Terhambat Pembebasan Tanah

Selain panitia,  daging kurban juga dibagikan kepada cleaning service, security, khadam dan dewan imam Masjid Agung Baitul Ghafur.

Sementara Ikhwan Alian dan Abi Roni dari panitia kurban menjelaskan, kegiatan penyembelihan hewan kurban untuk Idul Adha tahun depan, dipersiapkan lebih awal.

“Pihak panitia, mulai  sekarang mendata siapa saja masyarakat atau jamaah yang berkeinginan untuk menyembelih hewan kurban tahun depan, termasuk mendata masyarakat secara berkelompok,” kata Ikhwan singkat. (ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU