Kamis, Januari 21, 2021
Beranda Aceh Pansus Aset DPRK Bireuen Temukan Retribusi Ganda Dari Pedagang Hari Pekan Geurugok

Pansus Aset DPRK Bireuen Temukan Retribusi Ganda Dari Pedagang Hari Pekan Geurugok

BIREUEN – realitasonline.id | Pedagang Hari Pekan di Keudee Geurugok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen dipungut retribusi ganda.

“Ada pungutan retribusi ganda dari pedagang musiman yang berjualan pada Hari Pekan di Geurugok. Yaitu uang lapak (retribusi pasar) dan parkir.” 

Kata Ketua Pansus Aset DPRK Bireuen, H. Ismail Adam, Rabu (25/11/2020) yang juga sebagai Politikus PKS.  Ismail Adam menyebutkan seharusnya tidak ada pengutipan ganda dari pedagang musiman yang berjualan di Hari Pekan Keudee Geurugok, Kecamatan Gandapura. 

“Mereka (Dinas Perhubungan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Bireuen) sepertinya tidak saling Koordinasi. Maka terjadi kutipan ganda seperti ini,” kata Anggota DPRK Bireuen Dapil – III (Kecamatan Gandapura, Makmur dan Kutablang) tersebut.

Pungutan retribusi ganda dikenakan kepada pedagang yang berjualan di depan Mesjid Taqwa Gandapura. “Lokasi itu bukan lahan parkir, tetapi kenapa ditarik uang parkir,” sebut anggota legislatif itu geram. Pedagang juga mengaku keberatan apabila setelah dipungut  biaya lapak (retribusi pasar) juga ditarik uang parkir. 

“Pedagang tidak keberatan kalau membayar uang lapak sebesar tiga ribu. Tapi kalau harus membayar tiga ribu lagi untuk parkir, mereka sangat keberatan,” jelaasnya.

Adam mensinyalir, pihak Dinas Perhubungan memungut retribusi parkir dari pedagang musiman di Geurugok hanya untuk memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Sebenarnya kalau mau tercapai target PAD, bukan dengan cara memberatkan pedagang kecil. Tapi perbaiki kinerja dinas untuk mengelola PAD,” ungkapnya.. 

Menurutnya,  khusus pada Hari Pekan di Geurugok, Dinas Perhubungan dapat mengalihkan tempat parkir ke Halaman Kantor Camat Gandapura dan Halaman Mesjid Taqwa Gandapura. Kepada Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani agar mengevaluasi kinerja kepala dinas yang bertanggungjawab mengelola Pendapatan Asali Daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Bidang Pasar di Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Bireuen, Zulfikar yang dihubungi terpisah, membenarkan pihaknya memungut retribusi pasar dari pedagang kaki lima, termasuk pada pedagang musiman Hari Pekan di Geurugok. 

“Kami hanya memungut retribusi pasar tiga ribu rupiah per lapak. Sedangkan retribusi parkir itu dipungut oleh petugas Dinas Perhubungan,” kata Zulfikar. 

Pejabat yang menangani parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bireuen, Safriadi ketika dihubungi Realitasonline melalui telepon selular, mengaku baru tahu ada persoalan tersebut dari wartawan  yang mengkonfirmasinya. Pun demikian dia berjanji akan berkoordinasi dengan pihak dinas perdagangan agar tidak terulang hal serupa. 

“Akan saya sampaikan kepada petugas di lapangan untuk tidak memungut lagi uang parkir dari pedagang, khusus pada hari pekan,” katanya. Selain itu dia juga mempertimbangkan tentang saran dari anggota DPRK Bireuen, Ismail Adam untuk memanfaatkan halaman kantor Camat Gandapura dan halaman mesjid sebagai tempat parkir khusus hari pekan. (RZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Sembilan Miliar Lebih APBD Taput Digelontorkan Khusus Bangun Jembatan Interkoneksi Desa Terpencil

TAPUT - Realitasonline.id | Komitment Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababam untuk peningkatan perekonomian warga Desa terpencil melalui akselerasi infrastruktur jalan dan jembatan...

Gubernur Edy Rahmayadi Minta Prioritas Pengelolaan Geopark Kaldera Toba untuk Kemakmuran Rakyat

MEDAN – realitasonline.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pengelolaan Geopark Kaldera Toba tetap diprioritaskan untuk kemakmuran masyarakat kawasan Danau Toba. Karena...

Kepala DLH Aceh Selatan Minta Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan dan Ke Indahan Gampong

TAPAKTUAN - realitasonline.id | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Selatan, untuk penampungan sampah sementara ada dua unit Continer yang diletakkan di kawasan Pasar...

Wujudkan Bebas Pungli Pemkab Asahan Adakan Pertemuan ke Segala Lini

ASAHAN - realitasonline.id | Ketua Pelaksana Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Asahan yang juga menjabat sebagai Waka Polres Asahan, Kompol. Sri...