Selasa, Desember 7, 2021
BerandaAcehPeringati HKN, Dinkes Abdya Cek Golongan Darah Siswa

Peringati HKN, Dinkes Abdya Cek Golongan Darah Siswa

BLANGPIDIErealitasonline.id | Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 57, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar kegiatan pemeriksaan golongan darah terhadap seratusan lebih siswa di SMA Negeri 2 Abdya wilayah kerja Puskesmas Manggeng dan SMA Negeri 10 Abdya, Kamis (25/11) pagi.

Dalam pengecekan tersebut, Dinkes Abdya berhasil memeriksa 140 siswa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70 siswa memiliki golongan darah O, 37 golongan darah A, 28 golongan darah B dan 5 golongan darah AB.

Kepala Dinkes Abdya Safliati, SST, MKes melalui Kabid Yankes Ns. Yusmanita, SKep menyampaikan, bahwa pemeriksaan golongan darah ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HKN ke 57 yang bertema sehat negeriku tumbuh Indonesiaku, sasaran kegiatan pemeriksaan golongan darah yang akan dilaksanakan adalah siswa-siswi kelas XII. Baik di SMA Negeri 2 wilayah kerja Puskesmas Manggeng termasuk SMA Negeri 10 Abdya wilayah kerja Puskesmas Kuala Batee.

Baca Juga:   DPMP4 Bina 30 Gampong Ramah Anak di Abdya

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Abdya, Marzuki, SPd, MPd menyambut baik kegiatan yang bermanfaat tersebut. Ia berharap agar semua siswa-siswi kelas XII yang belum pernah melakukan pemeriksaan golongan darah supaya dapat melakukan pemeriksaan demi kebaikan bersama. “Mari pastikan apa golongan darah kita untuk kesehatan kita dan bermanfaat untuk membantu orang lain pada saat dibutuhkan,” singkatnya.

Baca Juga:   Bupati Aceh Selatan Secara Simbolis Resmikan SPALD-T Pucok Krueng dan Paya Dapur

Terakhir, Kepala Puskesmas Manggeng, Denny Sahputra, SKM, menambahkan bahwa kegiatan pemeriksaan golongan darah ini sangat bermanfaat. Selain untuk kelengkapan identitas seseorang juga membantu  mereka kedepannya yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dalam pengisian identitas diri juga informasi golongan darah ini sangat bermanfaat dalam keadaan darurat serta memudahkan proses donor darah. 

“Karena setetes darah kita sangat bermanfaat untuk keselamatan orang lain. Maka jangan takut donor darah,” tandasnya. (ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU