Rabu, Februari 1, 2023
BerandaAcehPj Bupati Abdya Diminta Beri Sanksi ASN Penerima Bansos

Pj Bupati Abdya Diminta Beri Sanksi ASN Penerima Bansos

BLANGPIDIErealitasonline.id | Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta Pj Bupati H Darmansah agar menjatuhkan sanksi bagi aparatur sipil negara (ASN) yang menikmati dana bantuan sosial (bansos) orang miskin.

“ASN atau PNS sama sekali tidak termasuk dalam kriteria penerima bansos. Jadi, bila ada dari mereka yang sengaja mencicipi bantuan untuk orang miskin itu, harus diberi sanksi sesuai aturan berlaku, “kata Ketua YARA Abdya, Suhaimi N SH kepada wartawan, Senin (24/1).

Pernyataan disampaikan Shemi (sapaan akrabnya), pasca mendapat informasi kalau ada puluhan ASN di Abdya menikmati bansos dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dan harus dikembalikan ke Kas Negara.

Baca Juga:   SKPK dan Bupati Aceh Selatan Teken Perjanjian Kerja 2023

“Jika memang benar ada ASN di daerah ini menikmati dana bantuan untuk orang miskin ini, bersangkutan telah melakukan tindakan penyalahgunaan wewenang untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan harus diberikan sanksi,” lanjutnya.

Menurut Shemi, bila merujuk pada aturan Pemerintah Nomor 94/2021 tentang disiplin PNS, maka semua ASN yang menikmati bansos itu harus diberi sanksi disiplin agar kedepan mereka menjadi lebih hati-hati terhadap bantuan.

Baca Juga:   Cegah Stunting, 10.241 Remaja Putri di Abdya Diberi Tablet Tambah Darah

Sebab, tambah Shemi, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 63/2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial secara Non Tunai, disebutkan penerima bansos adalah seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap risiko sosial.

“Kita juga berharap, Pj Bupati Abdya perlu juga me-review mekanisme atau proses penetapan data penerima bantuan sosial ini, supaya data penerima bantuan tepat sasaran tidak melenceng kepada yang bukan hak nya,” demikian tandas Shemi. (ZAL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU