Rabu, Februari 1, 2023
BerandaAcehSempat Viral, Dinkes Agara Periksa Perkembangan Surya Dharma

Sempat Viral, Dinkes Agara Periksa Perkembangan Surya Dharma

KUTACANE realitasonline.id | Guna memastikan perkembangan kesehatan balita terlahir tanpa cangkang lutut yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) bersama beberapa tenaga kesehatan Puskesmas Suka Makmur melakukan kunjungan kerumah Surya Dharma, di Desa Titi Pasir, Semadam, Agara, pada Sabtu (21/01/2023).

Kepada media, Kepala Dinas Kesehatan Agara, Drs. Jamannuddin, pada Minggu (22/01/2023) kemarin mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk memantau secara langsung kondisi terkini Surya Darma, umur 1 tahun 2 bulan, anak ke 2 dari pasangan Melda Sembiring dan Dedi Syahputra yang menderita tanpa tempurung lutut sejak lahir.

Selain melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan. Pada kunjungan tersebut kita juga mencoba menelaah catatan hasil ringkasan pasien Surya Dharma setelah pulang perawatan dari RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh beberapa waktu lalu, ungkapnya.

Baca Juga:   Seorang Warga Disebut Tabrak Wakapolsek di Aceh Utara, Polda Aceh Diminta Adil

“Berdasarkan hasil rontgen foto dan hasil pemeriksaan laboratorium, selain menderita kelainan bawaan tidak adanya tempurung lutut sejak lahir, balita tersebut juga mengalami komplikasi lainnya yaitu penyakit jantung dan gangguan hormon pertumbuhan sehingga dapat menyebabkan berat badan dan panjang badan anak sulit naik,” kata Kadis Kesehatan Agara tersebut.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada kepala Puskesmas Suka Makmur dan Tim agar mengantar balita tersebut dirujuk kembali ke RSUD H. Sahudin untuk kelanjutan perawatan setelah mendapatkan layanan kesehatan dari RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Baca Juga:   Menpora Buka Launching PON XXI Sumut-Aceh, Baskami: Sumut Harus Kembali Cetak Sejarah

Dijelaskanya juga, pada kesempatan tersebut, kita juga memberikan PMT biscuit, dan pangan olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK) berupa susu yang mengacu pada Permenkes Nomor 29 Tahun 2019 tentang Penanggulangan masalah gizi bagi anak akibat penyakit.

Kadis Kesehatan Agara juga menambahkan, selain melakukan kunjugan kepada Surya Dharma, kita juga melakukan kunjungan kepada balita yang berkebutuhan khusus, Wafi Rafan Asadel, anak dari Sarwan Fauzi dan Nurhayani, umur 3 tahun 3 bulan, yang mengalami lumpuh dan gangguan syaraf.

Terkait dengan keadaan Wafi Rafan Asadel, Kadis Kesehatan Agara juga meminta kepada kepala Puskesmas Suka Makmur dan Tim agar dilakukan pemantauan secara berkala terhadap kesehatan Wafi. (DN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU