Senin, September 20, 2021
BerandaAcehTak Tertib Pajak, Puluhan Ranmor Terjaring Razia Gabungan di Abdya

Tak Tertib Pajak, Puluhan Ranmor Terjaring Razia Gabungan di Abdya

BLANGPIDIE – realitasonline.id | Puluhan unit kendaraan bermotor (Ranmor) baik roda dua maupun mobil, Selasa (14/9) terjaring razia gabungan dengan sandi Patuh Seulawah yang digelar personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) bekerjasama dengan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Blangpidie, Sub Detasemen Polisi Militer (PM) IM/2-4 Blangpidie dan Dinas Perhubungan setempat.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution melalui Kasat Lantas Iptu Muh Berny STrK didampingi KBO Lantas Ipda Aidil Saputra SE, menjelaskan, dalam razia tersebut pihaknya lebih fokus kepada pengendara yang tidak membayar pajak.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menilang pengendara yang tidak memiliki kelengkapan atribut saat berkendara seperti tidak memiliki surat-surat kelengkapan kendaraan yakni Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), perlengkapan keselamatan dalam berkendara juga kerap diabaikan seperti helm, tidak mengenakan sabuk pengaman termasuk tidak memasang plat nomor polisi.

“Bagi pengendara yang pajaknya telah lama tidak dibayar, mereka tidak kami kenakan tilang. Namun setelah didata langsung kami limpahkan kepada pihak Samsat dan diproses sesuai dengan ketentuan. Kemudian, untuk pengendara yang melanggar aturan lalulintas, langsung kami tilang,” paparnya.

Ditambahkan, razia kendaraan tersebut merupakan tugas rutin untuk mengecek kelengkapan surat kendaraan, atribut kendaraan serta atribut keselamatan pengendara. Dalam razia kendaraan itu, pihaknya berhasil menjaring puluhan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil yang terbukti tidak membayar pajak dan melanggar aturan lalulintas.

“Untuk di Abdya sendiri banyak sepeda motor yang tidak lagi dibayarkan pajaknya termasuk mobil bahkan ada yang sudah mencapai 3-4 tahun. Hal ini terus kami dorong agar kesadarannya dalam membayar pajak juga tertib berlalulintas terus meningkat,” tuturnya disela-sela pelaksanaan razia kawasan jalan nasional, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie.

Baca Juga:   Abu Dahlan Kembali Nahkodai MPU Abdya

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk menjalankan tertib berlalulintas yang salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kendaraan berupa kelengkapan kendaraan maupun kelengkapan pengendara sebelum berpergian.

“Razia ini untuk tindakan antisipasi. Karena awal dari kecelakaan itu bermula dari pelanggaran. Makanya kami gencar melakukan penertiban supaya masyarakat juga tahu aturan-aturan berlalulintas,” paparnya.

Baca Juga:   Program Vaksinasi di Aceh Singkil Terkesan Dipaksakan

Menurutnya, penegakan aturan harus dimulai dari diri sendiri, sehingga masyarakat juga perlu menyadari untuk memulai mentaati aturan yang ada. Selain itu, razia ini juga dimaksudkan untuk menekan angka kriminalitas dalam pencurian sepeda motor. Hingga saat ini, banyak pelanggaran yang harus ditertibkan, sebab tidak sedikit pengendara dengan sengaja dan sadar kerap melakukan pelanggaran dalam berlalulintas. Untuk menekan angka kriminalitas dan pelanggaran lalulintas tersebut pihak polisi tidak henti-hentinya melakukan razia di sejumlah titik-titik yang dianggap rawan terjadi pelanggaran.

Pihaknya juga mengharapkan kepada masyarakat agar bisa ikut berperan serta untuk menekan angka kriminalitas dengan cara selalu berhati-hati dalam berpergian, dan selalu menambah kunci pengaman terhadap kendaraannya, serta segera laporkan apabila melihat suatu tindak kriminal di wilayah hukum Polres Abdya. (ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU