Senin, September 20, 2021
BerandaAcehVaksinasi Covid-19 di Aceh Singkil Sasar Ibu Hamil

Vaksinasi Covid-19 di Aceh Singkil Sasar Ibu Hamil

ACEH SINGKILrealitasonline.id | Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan rekomendasi terbaru mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kini, ibu hamil sudah boleh divaksin.

Sesuai dengan Surat Edaran dari Kemenkes HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil melalui Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi, Ns Eva Nurfita mengatakan , dimana Ibu hamil sebelumnya belum dibolehkan divaksin Covid-19, namun kini sudah boleh.

Keputusan ini diambil salah satunya setelah melihat terjadi peningkatan kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19. Ibu hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada Ibu hamil dengan kondisi medis tertentu.Tercatat ada sebanyak 3.360 ibu hamil di Kabupaten Aceh Singkil.

“Bagaimana supaya kelompok rentan khususnya Ibu hamil ini betul-betul terjaga kesehatannya,” kata Eva kepada realitasonline.id, Selasa (14/09/2021).

Menurut Eva, di wilayah sudah ada kematian Ibu karena terinfeksi Covid-19. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan pada tahun ini yang perdana.Untuk itu perlu adanya vaksin Covid-19 bagi Ibu hamil.

Baca Juga:   Oknum Ketua KIP Abdya Ditetapkan Jadi Tersangka

Dari catatannya, sebanyak 20 persen Ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19 dari sebanyak 3.360 jumlah Ibu hamil. Seorang Ibu hamil dinyatakan telah meninggal dunia terkonfirmasi Covid-19.

Saat ini, Dinas Kesehatan sedang dalam tahapan mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 untuk Ibu hamil. Mengingat, untuk masyarakat umum saja banyak yang tidak mau divaksin, konon katanya Ibu hamil.

“Ini menjadi tantangan kami untuk memberikan pemahaman kepada si Ibu, suaminya, anaknya, orang tuanya maupun mertuanya,” ungkap Eva.

Ibu hamil dapat mendatangi Puskesmas terdekat untuk divaksin. Nanti akan ada petugas yang sudah standby di sana, melakukan screening, memastikan bisa atau tidak Ibu hamil divaksin.

Baca Juga:   IMC Tutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat di Lhokseumawe

Dokter Spesialis Obgyn RSUD Aceh Singkil, Dokter Ajeng Dewi Utari mengatakan, Prosedur pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ibu hamil tidak jauh berbeda dengan vaksin pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU