Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaArtikelJemput Aspirasi Anggota, Sejarah Baru di PWI Sumut

Jemput Aspirasi Anggota, Sejarah Baru di PWI Sumut

Catatan: Marudut Nainggolan (Penasehat PWI Bonapasogit) 

Sikap dan tindakan yang pantas  diacungi jempol dialamatkan buat sosok yang satu ini. Beliau adalah H. Farianda Putra Sinik.

Siapa dia? ,tak lain tak bukan beliau adalah  pemimpin redaksi sekaligus pemilik surat kabar Harian Medan Pos terbitan Medan-Sumatera Utara. 
Jabatan yang diemban selain pemimpin redaksi adalah Ketua SPS (Serikat Penerbit Surat Kabar) Provinsi Sumatera Utara. 

Kenapa  dan mengapa dia diacungi jempol?, bagi aku punya alasan tersendiri tentunya. 

Putra dari  Tokoh Pers Sumut , H. Ibrahim Sinik ini, mencalonkan diri untuk dipilih dalam perhelatan akbar organisasi wartawan tertua di republik ini. 

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara dalam waktu tidak lama lagi, menghelat pemilihan ketua untuk periode lima tahun ke depan. 

Aku salah seorang dari ratusan anggota PWI Sumut telah beberapa kali menjadi peserta yang berhak memberikan suara atau memilih salah seorang dari calon yang saya anggap mampu mengayuh roda organisasi dimana aku bernaung, belum pernah didatangi calon untuk menyerap aspirasi anggota. 

H. Farianda Putra Sinik, boleh aku pastikan, sosok yang pertama sekali turun ke daerah-daerah untuk secara langsung meyerap aspirasi anggota disamping menginformasikan berbagai program bila kelak terpilih menjadi ketua. 

Bak calon kepala daerah turun ketengah masyarakat menyampaikan visi-visi. Agaknya seperti  itulah yang dilakoni H. Farianda Putra Sinik. Turun untuk bersilatuhrahmi dengan anggota bukan hanya ke PWI  Bonapasogit, tetapi hampir keseluruhan PWI Kabupaten Kota di Sumatera Utara. 

Ke PWI Bonapasogit (Taput, Toba, Humbahas Samosir), kunjungan ke 14 selepas dari Tabagsel, kata Farianda. 

Sendiri, tidak pastinya. Beliau turun bersama Drs.M.Syahrir ,calon Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumatera Utara. 

Syahrir yang anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumut, pendiri Surat Kabar Harian Realitas ,mantan Pemred Hr Realitas dan pernah  Ketua PWI Sumut itu,  ikut menyalon dijabatan ketua DKP PWI Sumut. Selain M.Syahrir, hadir bung Anti Genk dari Sumut 24 Group. 

Calon Ketua PWI dan Calon Ketua DKP PWI Sumut, pada pertemuan di Bhinneka Cafe Sipoholon Taput, menyampaikan berbagai program setelah sebelumnya menampung aspirasi anggota PWI Bonapasogit. 

Aku selaku penasehat PWI Bonapasogit  bersama  jajaran pengurus, Posma Simorangkir (Ketua), Alfonso Situmorang (Sekretaris), Janiamal Sitompul,  Bindu Hutagalung, Darwin Manalu serta Bongsu Sitompul,bersilaturahmi dengan Farianda Putra Sinik kapasitas calon ketua PWI Sumut. 

Langkah safari ke Kabupaten/Kota yang dilakukannya guna menyerap aspirasi anggota PWI,ini yang menarik bagi aku. 

Metoda yang belum pernah dilakukan di proses pencalonan Organisasi Profesi Wartawan tertua di Indonesia dengan turun ke kabupaten -kota merupakan sesuatu fositif dengan mendengar langsung curahan wartawan daerah.

Baca Juga:   Comf-PPE: Alat Pelindung Diri Berbasis Internet Karya Mahasiswa FTUB dan FKUB

Kalau nanti  dipercaya mengemban amanah Ketua PWI Sumut banyak ‘PR’ yang akan dikerjakan,itulah awal kata dari Farianda dihadapan teman seprofesi. 

“Mengembalikan organisasi PWI menjadi organisasi wartawan yang dihargai dan disegani”,salah satu dari program Farianda. 

Kalimat yang sengaja kutandai dalam dua tanda petik ini membuat aku merenung seraya memandang tajam mimik wajah bung Farianda Putra Sinik. Kutangkap terpancar keseriusan  untuk mengembalikan marwah organisasi wartawan tertua di Indonesia ini,khususnya di Sumatera Utara. 

Saya tidak bermaksud membandingkan antara para seniorku yang pernah duduk dipucuk pimpinan atau ketua yang benar-benar membuat PWI ber marwah dan disegani, sebab membanding-bandingkan kurang elok rasanya. 

Baca Juga:   Comf-PPE: Alat Pelindung Diri Berbasis Internet Karya Mahasiswa FTUB dan FKUB

Sepakat dengan prinsif H. Farianda Putra Sinik.Dirinya mencalonkan jadi ketua PWI Sumut tidak mau melihat keburukan ataupun menjelek-jelekkan pengurus yang lama.

“Saya hanya ingin mengubah dan menaikkan marwah PWI Sumut menjadi organisasi yang disegani,” pungkas Farianda. 

Bagi aku, entah bagi rekan yang lain,bahwa marwah PWI di Sumatera Utara perlu dikembalikan seperti sediakala. Adalah tugas dan tangungjawab bersama, siapapun terpilih. Dan saya mengapresiasi program Farianda Putra Sinik untuk yang ini. 

Jujur ,program ini yang saya rindukan terakhir belakangan. Mereviu, ah betapa marwah PWI begitu tinggi kala itu. Aku inginkan itu kedepan dan untuk seterusnya. PWI bermarwah dan PWI yang disegani. 

Program utama lainnya bila nanti terpilih kata Farianda, melaksanakan agenda pelatihan pendidikan guna menunjang sumber daya manusia, melakukan advokasi ataupun pembelaan kepada wartawan yang jadi korban kekerasan dengan membentuk tim khusus. 

Mencari ‘sumber mata air ‘ guna mensejahterakan anggota. Lainnya, putra tokoh pers H. Ibrahim Sinik akan membuat premi asuransi  bagi seluruh anggota. 
” Saya punya tekad PWI harus jadi ‘rumah besar’ yang nyaman dan bisa mensejahterakan anggotanya,” adalah menjadi  tekad, bila Farianda Putra Sinik terpilih, PWI harus jadi rumah besar yang nyaman”,tekad Farianda termasuk bingkisan saat perayaan besar keagamaan. 

Farianda mengakui keinginannya maju tentunya ingin membuat perubahan baik tata kelola organisasi serta manajemen yang rapi dengan membuat satu data base secara digital bagi anggota PWI Sumut.

Diakhir oretan yang sebagian saya kutip dari teman-teman bahwa apa yang dilakoni bung Farianda Putra Sinik selaku calon ketua PWI Sumut ,periode 2021 – 2025 mendatang dengan tidak duduk berpangku tangan. 
Tetapi faktanya  turun menapung aspirasi anggota dan melihat langsung kondisi wartawan di daerah. Ini yang saya acungi jempol dan sebuah sejarah baru di PWI Sumut. 

Selamat memilih Ketua PWI Sumut Periode 2021 – 2025 mendatang pada Konferensi (28 Juli dan 31 Juli) 2021 di Medan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU