Mari Petani Taput Jadikan Pandemi Covid Picu Semangat Kerja

0

Catatan: Marudut Nainggolan, Wartawan Realitas Online

Tak dipungkiri pandemi covid-19 yang melanda sebagian belahan dunia berdampak sangat terhadap kestabilan roda perekonomian masyarakatnya. 

Dinegeri ini contohnya, petani salah satu komunitas sebagai penopang sektor perekonomian sangat-sangat terdampak dikarenakan harga jual komoditi di pasaran anjlok. 

Kondisi pasar inilah yang mendera petani di Tapanuli Utara sejak wabah virus corona merebak. “Balek modal saja sudah syukur ,ini malah merugi total, ujar P. Hutauruk petani cabe di Tarutung.

Anjloknya harga jual berbagai jenis lomoditi pertanian dibenarkan anggota DPRD Taput.

Maradona Simanjuntak yang terpilih dari dapil Sipahutar, Pangaribuan dan Garoga tidak menampik. Politisi partai Nasdem ini katakan diwilayahnya pasar Sipahutar, Selasa hari pekan harga jual biji kopi anjlok hingga sepuluh ribu perkilogramnya,itu informasi yang kita dapat tadi pagi di pasar Sipahutar, katanya kepada wartawan di ruangan fraksi Nasdem kantor DPRD Tarutung, Selasa (2/6).

Dari penelusuran Realitasonline, hampir semua komoditi hasil pertanian anjlok di pasaran. 
Kecuali gabah padi tidak terpantau. 

Lesu itulah yang mendera petani di Tapanuli Utara ditengah wabah corona yang hingga saat ini belum berujung, Tentu anjloknya  harga jual sebagian besar komoditi pertanian boleh jadi berdampak kepada ketahanan pangan. 

Pemerintah melalui lembaga Kepolisian RI diberi tugas menangani ketahanan pangan ditengah pandemi covid-19. Ditingkat Polisi Resor (Polres) Kapolres dalam struktur Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona ditempatkan dibagian ketahanan pangan. 

Di Taput contohnya secara kelembagaan di tugasi dibidang ketahanan pangan dan itulah yang dilakoni AKBP Jonner Samosir selaku Kapolres yang turun kelapangan memotivasi semangat petani jangan sampai kendor oleh kondisi pasar yang tak menentu, petani disemangati  lebih dari situ, pemilik lahan kosong disentuh untuk tidak lagi menganggur, seridaknya diolah ditanami dengan ragam tanaman palawija untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Bupati Taput Nikson Nababan mengapresiasi AKBP Jonner Samosir yang baru hitungan minggu bertugas diwilayah ini langsung turun memotivasi petani. 

Dalam perbincangan dengan sejumlah awak media di Tarutung baru baru ini, ketahanan pangan topik yang menarik dibicarakan ditengah “kehidupan normal” pasca Covid-19.

Pemerintah daerah kata Bupati Nikson Nababan, memaklumi kondisi harga jual komoditi pertanian. Namun katanya situasi fakta ini tidak harus mematahkan semangat petani. “Kita tidak mau daerah ini sampai krisis pangan”,pungkas Nikson seraya mengimbau petani untuk sementara menunggu situasi normal dibatasi dulu bertanaman dengan pukulan besar, untuk tidak terlalu merugi. 

Mengantisipasi krisis pangan di Tapanuli Utara itu tadi jangan sampai semangat kerja yang selama ini kental diwarga petani jangan sampai luntur. Selain itu mengajak warga untuk mandiri mengolah lahan tidur menjadi produktif sangat mendesak. 

Kita apresiasi  apa yang dilakoni beberapa warga yang mengolah  lahan tidur menjadi menjadi lahan pertanian produktif  dengan mencetak kolam ikan. Pemkab siapkan  alat berat membantu masyarakat. “alat kita sekatang tidak ada yang nganggur termasuk traktor. 

Untuk membantu petani ikan tawar pemerintah daerah siapkan bibit ikan,sebut Bupati Taput Nikson Nababan seraya menyebut beberapa warga yang kini giat mencetak kolam pribadi menggunakan traktor pemkab. 

Salah satu upaya menjaga ketahanan pangan dikondisi sekarang oleh dampak pandemi covid-19, bupati Nikson minta warga mengolah lahan tidur. 

Apabila terjadi kondisi yang tak diinginkan, tentunya telah terantisipasi setidaknya kebutuhan keluarga. Bahkan pekarangan rumah saja sudah harus dimanfaatkan dengan berbagai tanaman kebutuhan keluarga seperti sayur mayur atau dengan beternak kecil-kecilan namun manfaatnya untuk keluarga sangat besar ditengah situasi yang tidak menguntungkan saat sekarang ini. 

Teman-teman wartawan disamping tugas utama ada  yang jadi petani, kita apresiasi, kata Nikson seraya menawarkan bila ada lahan yang dapat dicetak kolam ikan, akan kita bantu,pungkasnya. (MN) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here