Rabu, November 25, 2020
Beranda Artikel Optimalisasi Pelayanan BC Kualanamu Dipertaruhkan

Optimalisasi Pelayanan BC Kualanamu Dipertaruhkan

Catatan : H Irwansyah, Wartawan Harian Realitas / Realitasonline.id

Jajaran Bea Cukai Kualanamu tertantang dalam mengawasi arus barang, baik itu yang masuk maupun keluar. Kepala Kantor Bea Cukai (BC) Kualanamu Elfi Haris SH MHum yang ditemui Realitasonline.id dikantornya dalam perbincangan santai, Kamis (19/11 2020) berujar, pintu masuk khususnya dari luar negeri ke Indonesia bisa melalui darat, laut dan bandara. Ditambah lagi dengan arus barang begitu banyak yang masuk khususnya melalui jalur Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) Deli Serdang Sumatera Utara.

Dibutuhkan pengawasan extra ketat oleh petugas dilapangan,disisi lain kami terus memperhatikan asupan bagi mereka,tentunya dimasa pandemi covid -19 harus tetap fit dan bugar,pooding vitamin dan madu merupakan asupan rutin kami berikan untuk petugas,ujar Elfi Haris yang alumni MAN 1 Medan ini.

Masyarakat juga harus faham bahwa mekanisme kerja Bea Cukai Kualanamu ada juga melalui jalur hijau.Artinya barang yang masuk melalui jalur ini tidak begitu ketat untuk proses pemeriksaannya.Bahkan kadang juga tanpa proses pemeriksaan.Hal ini dimungkinkan karena perusahaan yang mengirim atau menerima barang merupakan perusahaan tergolong perusahaan besar serta mempunyai profil cukup bagus,pungkas Haris.

Disisi lain,mekanisme pemeriksaan barang bagi perusahaan yang mempunyai rekor bagus dan kadang sampai 500 sampai 1 juta koli.Inikan tidak mungkin diperiksa satu persatu,andai diperiksa akan memakan waktu bisa sampai 3 atau 4 jam lamanya.Tentunya pihak lain bergilir barangnya diperiksa.Kita yakin mereka tidak mungkin menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan dan sampai saat ini kondite mereka masih bagus.

Walaupun begitu kami tetap mewaspadai adanya kemungkinan penyalahgunaan dalam pengiriman barang bagi perusahaan besar yang profilnya bagus.Sekali kedapatan maka petugas tidak akan memberikan toleransi dan langsung kami tindak.

Ketika ditanya barang – barang yang dominan masuk melalui Bandara Kualanamu,baik itu barang impor maupun kiriman,Elfi Haris yang jebolan USU ini menjelaskan,untuk obat obatan dan kosmetik tergolong banyak.Komoditas obat obatan yang masuk tetap harus memiliki dokumen seperti resep dokter,dan ini biasanya melalui orang pribadi.

Dipasaran sering juga terdengar adanya obat obatan yang dijual tanpa izin,ini bukan ranah kami lagi.Petugas BC hanya memeriksa di pintu masuk bandara.Apakah semua dokumennya lengkap atau tidak itu kami teliti betul.Setelah sampai diluar bisa saja disalah gunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.Kalau sejenis narkoba,kosmetik ilegal sudah berulang kali kami amankan dan ditindak terutama si penerimanya.

Begitu juga untuk barang seperti spart part mobil,sepeda motor dan sejenisnya partai besar dipastikan tidak masuk melalui Bandara Kualanamu,jelas Haris.

Info Bea Cukai Cina menangguhkan impor ikan bawal beku dari Indonesia (rilis Kompas 10/11 2020) karena terpapar covid -19 Haris berujar,sepanjang periode Januari 2020 sampai sekarang tidak pernah pengiriman ikan beku dari Kualanamu.

Elfi Haris putra asli Batu Bara yang kini menginjak usia 48 tahun dan mantan Ketua Pengurus BKM Masjid Bea Cukai Polonia Medan melanjutkan,Jajaran BC Kualanamu kini tertantang untuk bekerja lebih maksimal lagi khususnya mengawasi pengiriman barang melalui jalur hijau,walaupun belum pernah terjadi penyelundupan dijalur ini.

Tidak ada lagi yang namanya deal dealan terkait pengiriman barang.Sepanjang dokumen lengkap barang diproses dengan baik, tetapi kalau dicurigai kami akan mengusutnya.Selama ini kita mengutamakan pelayanan terhadap propil perusahaan industri dibanding perusahaan trading,cetus Haris.

Mekanisme kerja petugas BC Kualanamu saat pandemi ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam situasi begini, bahwa capaian tugas Bea Cukai Kualanamu dalam ukuran kinerja ada 18 item, utama bidang pengawasan,cukup bagus.Hanya dari sektor penerimaan negara menurun,sebelumnya bisa mencapai 3,5 – 4 M rupiah/bulan, sementara saat ini berkisar 500 Jt rupiah saja,pungkas Elfi Haris. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Rektor UMN Al Washliyah Lantik Pejabat Baru

MEDAN - realitasonline.id | Rektor Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah  Dr KRT H Hardi Mulyono K Surbakti melantik sejumlah pejabat di lingkungan...

Petugas KPPS Rapid Test, 20 Petugas dari 738 Anggota di Laubaleng dan Mardinding Reaktif

KARO - realitasonline.id | Untuk menghindari proses pemungutan suara sebagai kluster covid - 19 dalam pelaksanaan pilkada 2020, KPUD Kabupaten Karo melaksanakan...

Bupati Berikan Jawaban Atas Padangan Umum Fraksi DPRD Langkat, Terkait Ranperda APBD 2021

STABAT - realitasonline.id | DPRD Kabupaten Langkat menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan jawaban Bupati Langkat atas pandangan umum delapan (8) Fraksi DPRD...

Sejarahtra Sembiring Jabat Ketua DPC FSPTI – KSPSI Langkat Masa 2020-2025

STABAT - realitasonline.id | Sejarahtra Sembiring SH resmi dilantik menjadi Ketua dan Bambang S resmi mejabat Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja...