Trik Brand Fashion Mewah Eksis di TikTok

0

Oleh : Rangga Deri

TikTok pada awalnya sempat diremehkan sebagai aplikasi murahan oleh beberapa kalangan. Namun, akhir akhir ini yaitu di masa pandemi Covid-19 aplikasi Tik Tok naik daun.

Tiktok merupakan aplikasi video durasi pendek yang mirip dengan aplikasi bernama “Vine”. Aplikasi ini penggunanya membuat video durasi pendek yang unik dan lucu. Tetapi fungsi Tiktok telah bergeser dari platform hiburan merambah menjadi platform digital marketing sehingga banyak brand-brand memasarkan produknya melalui TikTok. 

Brand-brand fashion mewah berasal dari Italia yang dipakai kalangan sosialita mulai memasarkan produk mereka di Tiktok untuk meningkatkan brand awareness kepada konsumen. Tentang alasan mengapa banyak brand fashion mewah memasarkannya di TikTok karena TikTok merupakan platform yang cocok untuk memamerkan bisnisnya, seperti behind the scenes atau in the moments.

Mayoritas pengguna TikTok adalah anak-anak muda yang duduk di bangku sekolah atau kuliah sehingga dapat menjadi platform yang tepat untuk memasarkan dengan mudah kepada mereka, dan #HashtagChallenges untuk meningkatkan engagement. 

Charlie D’Amelio 

Charlie D’Amelio dikenal sebagai artis TikTok dengan tarian viralnya. Charlie D’Amelio mempunyai jutaan pengikut di Tik Tok sehingga brand mewah asal Italia melirik untuk bekerjasama. Charlie D’Amelio, ia pergi ke acara Milan Fashion Week.

Kerjasama antara brand asal Italia tersebut dan Charlie D’Amelio adalah strategi pemasaran yang tepat karena Charlie D’Amelio mempromosikan koleksi terbaru hasil kerjasama ia dan brand tersebut selama acara Fashion Week berlangsung sehingga banyak pengikutnya mengetahui koleksi terbaru. 

Alasan brand tersebut mengajak bekerjasama dengan Charlie D’Amelio ialah status Charlie D’Amelio sebagai influencer dan ia pernah bekerja sama dengan banyak brand dalam berbagai macam project.

Brand-brand dengan Konten Tiktoknya

Banyak brand-brand mewah mempunyai akun Tiktok dengan konten-konten yang menarik untuk mengkampanyekan produk-produk terbaru mereka dan memasarkannya secara digital. Brand-brand mewah tersebut menaikkan engagement dengan mengadakan giveaway sehingga produk dapat dipromosikan dengan mudah.

Selain itu dengan strategi memviralkan konten di saat kampanye adalah cara yang paling mudah dikenal ketika suatu konten itu menjadi topik pembicaraan orang.

Kolaborasi adalah Kunci Utama

Banyak brand-brand ternama mengkampanyekan koleksi terbaru mereka di platform social media mereka seperti TikTok, Instagram, Youtube. Contohnya seperti Charlie D’Amelio kolaborasi dengan brand mewah ternama dengan mengkampanyekan koleksi terbaru dari brand tersebut ketika Fashion Week kepada pengikutnya. Brand tersebut mencoba masuk ke pasar terbaru yaitu pengikut Charlie D’Mario dan juga Charlie D’Mario semakin dikenal oleh banyak kalangan karena digandeng oleh brand ternama. Kita bisa melihat bahwa terjadi simbiosis mutualisme diantara brand tersebut dan Charlie D’Mario.

Majunya teknologi membuat brand fashion mewah dengan mudah memasarkan produk mereka. Social Media mempunyai banyak pengaruh untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran secara gratis dan mudah seperti TikTok, Instagram, dan youtube. TikTok yang awalnya merupakan platform hiburan merambah menjadi platform digital marketing karena perkembangan TikTok semakin maju.

*Penulis adalah Mahasiswa S2 studi MBA In Technology di President University Jababeka/Cikarang, Kabupaten Bekasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here