Senin, Januari 18, 2021
Beranda Artikel Wartawan Bijak Bermedsos

Wartawan Bijak Bermedsos

Catatan: Marudut Nainggolan, Penasehat PWI Bonapasogit

Menarik apa yang disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bonapaogit, Posma Simorangkir, S.Sos menyebut wartawan untuk lebih ” Bijak”menggunakan Media Sosial atau Medsos.

Ajakan Posma Simorangkir dicetuskan pada silaturahmi antara Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, MSi dengan lima puluhan wartawan berbagai media, baik media konpensional (cetak-surat kabar), online dan media elektronik yang bertugas di Kabupaten Tapanuli Utara dipenghujung tahun 2020, tepatnya Rabu(30/12) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tarutung.

Posma tidak mengurai panjang lebar kata “bijak” dimaksud, tetapi yang terkadung didalamnya cukup bermakna.
Kalau boleh saya terjemahkan, artinya sebagai wartawan tentu mampu membedakan Produk Pers yang digeluti keseharian dengan produk Media Sosial.

Produk Pers Adalah sebuah berita, dimana Insan Pers (wartawan) tetap berpedoman pada Aturan yang ada yakni UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers maupun Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang ditetapkan Dewan Pers.
Dan produk Media Sosial adalah Informasi, sementara informasi bisa diberikan dan didapatkan dari mana pun dan atau oleh siapapun.

Artinya disana, dari apa yang menjadi ajakan Ketua PWI Bonapasogit Posma Simorangkir dengan wilayah tugas Kabupaten Taput, Humbahas, Toba dan Kabupaten Samosir, bahwa wartawan menjalankan professinya terlindungi oleh undang-undang pers .

Contoh konkritnya, bila produk berita yang dihasilkan wartawan mendapat komplen dan diadukan kepada penegak hukum, masih bisa terlindungi dari jeratan hukum dengan Undang -Undang Pers yang menaungi.

Atau bukan tidak mungkin, Posma Simorangkir secara implisit mengajak teman-teman media lebih hati-hati menggunakan media sosial ,sebab bukankah teman seprofessinya itu ditugasi pimpinannya menghasilkan sebuah berita?,kenapa harus ber medsos.

Apa yang terkandung dari ajakan bijak Posma Simorangkir diharapkan agar Insan Pers yang bertugas di bumi Bonapasogit Tapanuli Utara lebih mengedepankan kehati-hatian menggunakan media sosial.

Menurutku, Posma Simorangkir yang sehari-hari bertugas di surat kabar Sinar Indonesia Baru (SIB) kapasitas ketua PWI Bonapasogit tidak bermasud membatasi individu wartawan menggunakan media sosial.

Hanya saja kita sepakat ,Ketua PWI Bonapasogit ini tidak menginginkan sampai terjadi teman-temannya seprofesinya khusus yang bertugas di Taput terjerat hukum UU ITE oleh “keasyikan ” memanfaatkan media sosial.

Mempertegas, satu bukti perbedaan produk antara Media Sosial dan Pers; Produk Media Sosial adalah Informasi. Informasi bisa diberikan dan didapatkan siapa saja. Sementara Produk Pers adalah Berita. Berita hanya diproduksi oleh Perusahaan Pers sesuai dengan UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Dipandangan saya,tidak perlu ada kegelisahan dan kekhawatiran buat rekan-ekan wartawan di Tapanuli Utara “mengkritisi” kinerja pemerintah selama tetap berpedoman pada aturan yang ada yakni UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers maupun Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang ditetapkan Dewan Pers.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan,MSi pada silaturahmi akhir tahun itu, bahwa andil wartawan membangun daerah sangat berarti.

Sebagai bentuk kemitraan antara Pemerintah Tapanuli Utara dan Pers, Nikson Nababan mengajak wartawan dalam memproduksi sebuah berita terkait kinerja pemerintah untuk lebih dulu melakukan konfirmasi kepada instansi terkait dan bila perlu langsung kepada kepadanya.

Bukankah ajakan Nikson Nababan yang pernah berprofessi wartawan sebelum menjadi bupati di Tapanuli Utara,menyadari bahwa salah saru fungsi pers melakukan kontrol sosial yang konstruktif (membangun) .

Atau paling tidak adalah suatu sinyal dari sebuah kemitraan bukan dalam arti sempit tetapi sebaliknya adalah dalam artian positif dan kompleks.

Diakhir tulisan singkat terkait ajakan Ketua PWI Bonapasogit, Posma Simorangkir agar kita sesama Insan Pers yang ditugasi memproduksi Berita bukan Informasi di Tapanuli Utara “Bijak” menggunakan Media Sosial (Medsos) mari kita sikapi dengan positif. Itu saja, Horas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Gubernur Edy Rahmayadi Minta Para Kepala Daerah Tetap Dorong Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

STABAT – realitasonline.id | Meski sudah mulai dilakukan vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Edy Rahmayadi meminta para bupati/walikota se-Sumut tetap konsisten...

Pria Ini Ditangkap Polisi dan TNI di Kebun Sawit

TAPANULI TENGAH - realitasonline.id | Anggota Polisi bekerjasama dengan TNI menangkap seorang pria berinisial HA alias S (47) dari kebun Kelapa Sawit...

Operasi Yustisi di Kecamata Angkola Muara Tais Tindak 200 Pelanggar Prokes Covid-19

TAPANULI SELATAN, realitasonline.id | Kasubbag Binops Bagops Polres Tapanuli Selatan, Iptu R. Triharjanto, SH, mewakili Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj,...

Tokoh Mubaligh di Abdya Dukung Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit

BLANGPIDIE - realitasonline.id | Salah satu tokoh Mubaligh di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Tgk Drs Fachry A Rahim memberikan dukungan terhadap keputusan...