Jumat, Juni 18, 2021
BerandaEkonomiFood Estate Humbahas Hasilkan Kentang Bawang Merah dan Bawang Putih

Food Estate Humbahas Hasilkan Kentang Bawang Merah dan Bawang Putih

HUMBAHAS – realitasonline.id | Lumbung pangan di Sumatera Utara (Sumut)  akan menjadi contoh bagi provinsi lain yang juga akan membangun “food estate”.

Hal itu dikatakan Presiden RI Joko Widodo saat meninjau lokasi lumbung pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)  Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 

Selasa(27/10) Joko Widodo, tiba di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit Tapanuli Utara melalui jalan darat langsung kelokasi”Food Estate” Desa Ria-Ria Kecamatan Pollung Humbahas .

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan food estate ( lumbung pangan) di Humbahas dan beberapa wilayah lainnya di Sumut akan menghasilkan komoditas pangan kentang, bawang merah dan bawang putih. 

Di Sumatera Utara sendiri tersedia lahan 60 ribu hektare, dan yang akan digunakan untuk “food estate” adalah seluas 30 ribu hektare.

Lahan di Sumatera Utara yang akan digunakan sebagai lumbung pangan tersebar di beberapa kabupaten seperti di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Presiden mengatakan Indonesia memiliki dua provinsi yang akan dipakai memulai program lumbung pangan yakni di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah. “Ini akan jadi contoh untuk provinsi lain yang ingin membangun ‘food estate’,” kata  Jokowi. 

Bahan pangan yang dihasilkan di lumbung pangan di Humbahas berbeda dengan yang dihasilkan Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas Kalimantan Tengah. Di lumbung pangan Pulau Borneo itu, food estate akan menghasilkan padi dan singkong. 

Di Kabupaten Humbang Hasundutan dan beberapa wilayah lainnya di Sumut akan menghasilkan komoditas pangan kentang, bawang merah dan bawang putih. 

Masih dari agenda Presiden RI  di Humbahas, di Stadion Simangaronsang,  Desa Simangaronsang,Joko Widodo membagikan sebanyak 71 sertifikat atas tanah masyarakat. Penyerahan sertifikat tanah hanya berlangsung singkat tidak sampai 25 menit,diikuti secara langsung mencapai 50 orang perwakilan, selebihnya mengikuti kegiatan melalui konfrensi video. 

Turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo di Humbahas yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Lubut Binsar Panjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB dan Kapoldasu. 

Melewati kota Dolok Sanggul ibu kota Kabupaten Humbahas, ribuan warga berjejer di pinggir kiri kanan jalan menyambut Presiden dan rombongan.  (MN/Antara/SetKab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU