Senin, Oktober 26, 2020
Beranda HL Terbaru, Arab Saudi Minta Umat Islam Sedunia Menunda Berangkat Haji 2020

Terbaru, Arab Saudi Minta Umat Islam Sedunia Menunda Berangkat Haji 2020

MEDAN – Realitaaonline | Kabar dari pemerintahan Arab Saudi terkait dengan pelaksanaan ibadah haji yang jatuh pada Juli 2020 nanti menjelaskan kepada umat Islam sedunia terkait dengan ibadah rukum Islam yang kelima tersebut.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi sudah melakukan penundaan terkait dengan ibadah umrah.

Hal itu dilakukan karena pandemi virus corona yang juga membuat repot negara-negara di dunia termasuk Arab Saudi.

Maka, pelaksanaan ibadah haji juga berimbas karena wabah virus corona belum memperlihatkan tanda-tanda akan usai.

Kabar tersebut disampaikan seorang pejabat senior Arab Saudi.

Ia mendesak lebih dari satu juta umat Muslim sedunia yang berniat untuk berhaji tahun ini agar menunda rencana tersebut.

Pernyataan ini ditujukan sebab haji bisa saja dibatalkan karena alasan wabah virus corona.

Saudi Press Agency sebagaimana dilansir oleh TIME, mengutip pernyataan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Muhammad Saleh bin Taher Banten pada Rabu (1/4/2020) mengatakan bahwa umat Islam harus “bersabar” dalam perencanaan mereka untuk haji.

Pada Februari kemarin, Kerajaan Arab Saudi mengambil keputusan luar biasa terkait penutupan kota suci Mekah dan Madinah dari wisatawan asing karena alasan wabah virus corona.

Langkah tersebut bahkan tidak dilaksanakan sebelumnya pada wabah Flu yang terjadi pada 1918 dan menewaskan puluhan juta orang di dunia.

Selain itu, Arab Saudi juga telah memperketat pembatasan di negaranya terlebih sejak 1.500 kasus infeksi baru dikonfirmasi.

Menurut Muhammad Saleh bin Taher Banten pada Televisi pemerintah, Kerajaan Saudi siap mengamankan keselamatan seluruh muslim dan warga negara.

“Itulah sebabnya, kami meminta kepada semua umat muslim di seluruh dunia untuk menunda penandatanganan apa pun terkait perjanjian (dengan operasional perjalanan) sampai kami memiliki pandangan yang jelas,” katanya.

 Arab Saudi memang telah melarang orang memasuki atau keluar dari tiga kota besar termasuk Mekah dan Madinah. Serta pemberlakuan jam malam di seluruh negeri.

Seperti negara lainnya, Saudi juga menangguhkan penerbangan komersial ke dalam dan ke luar negeri.

Sementara untuk para jamaah yang telah terjebak di kota suci karena pembatasan perjalanan global, Menteri Haji dan Umrah juga memastikan persediaan perawatannya.

Sejauh ini tercatat 1.200 jamaah yang terjebak di kota suci Mekah dan beberapa dari mereka sedang melalui fase karantina di hotel-hotel di Mekah.

Raja Salman sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Arab Saudi juga berjanji akan menanggung seluruh biaya perawatan pasien virus corona termasuk pengunjung, warga asing dan bahkan warga ilegal. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

BERITA TERBARU

Kesibukan Para Penjual Ayam Kampung di Pangkalan Pasar 10 Tembung

PERCUT SEI TUAN - realitasonlne.id | Setiap hari para penjual ayam tampak sibuk bagai tak henti menjual ayamnya di Persimpangan Pasar 10...

DPRD Medan Minta Pemko Buat Regulasi PAD

MEDAN - realitasonline.id | Wakil Ketua Komisi III DPRD Medan, Abdul Rahman Nasution minta Pemko untuk membuatkan aturan regulasi terkait keberadaan angkringan di...

Sekretaris SMSI Riau Wafat, Seluruh Wargs SMSI Duka Mendalam

PEKANBARU - reallitasonline.id | Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Mohammad Moralis, Sekretaris Serikat Media Siber...

Kecamatan Batang Serangan Terendam Banjir, Warga Cemas Diguyur Hujan Lagi

Stabat - Realitasonline.id | Curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan hilir sungai meluap, sehingga merendam rumah warga serta akses jalan di beberapa...