Jumat, Juni 5, 2020
Beranda HL Universitas Pertahanan Buka Fakultas S1 Kedokteran dan Farmasi Militer, Tertarik?

Universitas Pertahanan Buka Fakultas S1 Kedokteran dan Farmasi Militer, Tertarik?

MEDAN – Realitasonline | Mirip tapi tak sama dengan Akademi Militer (Akmil), Universitas Pertahanan (Unhan) menjaring calon mahasiswa baru untuk berkarir sebagai dokter militer dan ahli farmasi militer. Tertarik? 

Berikut ini ulasan Realitasonline tentang Unhan yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

Universitas Pertahanan (Unhan) adalah lembaga pendidikan tinggi yang secara fungsional dibina oleh Kementrian Pertahanan, sedangkan secara akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Mirip seperti Akmil, dalam proses penyelenggaraan pendidikan, Unhan memberikan beasiswa untuk mahasiswanya berupa bebas biaya kuliah, tempat tinggal berupa asrama, hingga pemenuhan kebutuhan hidup.

Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 Unhan mengundang para lulusan SLTA untuk kuliah di kampus bergensi ini. Unhan membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru dengan membuka program beasiswa sarjana (S1) mulai dari Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas MIPA Militer, Fakultas Farmasi Militer, dan Fakultas Teknik Militer. Demikian rilis dan informasi dari laman media sosial Universitas Pertahanan, Jumat (15/5/2020). Pendaftaran mahasiswa baru jenjang S1 untuk tahun ajaran 2020/2021 hingga 17 Mei 2020.

Pekan lalu, Unhan menandatangani kerjasama dengan IPB University dalam rangka pembukaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Militer, kemudian dilanjutkan kerjasama Unhan dengan menggandeng Universitas Airlangga (Unair).
Unhan dan Unair akan melakukan berbagai kerjasama dalam bidang pendidikan, riset, dan pengabdian.

Kerja sama yang diwujudkan dalam bentuk MoU tersebut menekankan pengembangan dua program studi baru di Unhan, yakni Kedokteran Militer dan Farmasi Militer yang keduanya untuk jenjang S1.

MoU yang dilangsungkan secara daring pada Selasa (12/5/2020) kemarin melibatkan kedua pihak yang masing-masing dihadiri oleh Rektor Unair Prof Mohammad Nasih dan Rektor Unhan Laksamana Muda TNI Dr Amarulla Octavian.

Amarulla menuturkan pihaknya ingin menggandeng Unair untuk turut memberikan banyak dukungan dalam pengembangan dua Prodi yang akan didirikan di Unhan.
“Kami ingin kerja sama antara Unair dan Unhan ini bisa menjadi salah satu upaya yang memberikan kebermanfaatan bagi sesama dan bangsa,” papar Amarulla.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Nasih mengatakan ikatan kerja sama dan emosional antara Unhan dan Unair sudah berlangsung sejak lama.“Dengan Kemenhan, banyak dokter militer yang menempuh spesialis di UNAIR,” tutur Prof Nasih. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

Sugianto Makmur Sarankan Bentuk Perda Penyakit Menular Manusia, Hewan dan Tanaman di Sumut

Medan - Realitasonline | Anggota FPDI Perjuangan DPRD Sumut Sugianto Makmur menyarankan agar dibentuk Perda (Peraturan daerah) penyakit menular pada manusia, hewan...

SMSI Sumut Apresiasi Empati Gubsu terhadap Media di Tengah Pandemi

Medan - Realitasonline | Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Propinsi Sumut mengapresiasi Gubsu Edy Rahmayadi atas empatinya terhadap keberadaan media pers di...

Dirawat Dengan Gejala Covid 19 Satu Warga Simalungun Meninggal di RSUD Perdagangan

SIMALUNGUN - Realitasonline | Seorang lagi warga kabupaten Simalungun,meninggal dunia dalam perawatan dengan gejala Covid 19 di RSUD Perdagangan, kamis (04/06/2020).

Penutupan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan Tetap Patuhi Protokol Covid-19

P.SIANTAR - Realitasonline | Penutupan Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia-Keluarga Berencana (IBI-KB) Kesehatan bekerja sama dengan Kodim 0207 Simalungun di Kota Pematangsiantar...