Jumat, Juni 18, 2021
BerandaJAWA TENGAHKapolri Bersama 5 Pejabat Negara Kompak Pantau Penyekatan Gerbang Tol Brebes

Kapolri Bersama 5 Pejabat Negara Kompak Pantau Penyekatan Gerbang Tol Brebes

BREBES realitasonline.id | Penyekatan pemudik di Gerbang Tol Pejagan Brebes Jawa Tengah dipantau langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Minggu (9/5/2021)

Para pejabat negara tersebut, kompak datang ke Pos Pengamanan Gerbang Tol Pejagan, kabupaten Brebes Jawa Tengah, untuk memastikan Operasi Ketupat 2021 berjalan dengan baik.

Kapolri mengakui bahwa penyekatan mudik memang membuat masyarakat kurang nyaman. Namun hal ini dilakukan untuk menjaga masyarakat agar tidak tertular varian baru virus COVID-19.

BACA JUGA : Kapolri Bersama Panglima TNI Tinjau Pos Penyekatan Merak Bakauheni

“Tugas kepolisian untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Untuk itu, kami meminta masyarakat memahami kebijakan larangan mudik, agar kasus COVID-19 tak lagi meningkat,” kata Kapolri.

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan, penyekatan kendaraan dilakukan dengan ditambah pemeriksaan protokol kesehatan. Secara keseluruhan Operasi Ketupat Candi 2021 sudah berjalan dengan baik.

Kapolri menyebutkan, dari hasil penyekatan yang dilakukan sudah banyak kendaraan yang diputar balik. Berdasarkan data, dari Jawa Tengah, berjumlah 10.000 kendaraan diputar balik. Sedangkan di Jawa Timur ada 2,000-3.000 kendaraan yang diputar balik.

BACA JUGA : Gubernur Ganjar Jenguk Pasien Covid-19 Klaster Taraweh

“Jumlah peminat mudik tahun ini sudah turun menjadi 18 persen. Kemudian dengan adanya imbauan kepada masyarakat dari kami, turun menjadi 11 persen. Hal ini menunjukkan hasil yang positif,” katanya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa, apa yang dilakukan TNI dan Polri pada momen mudik Lebaran Tahun 2021 ini sangatlah baik. Utamanya dalam upaya penyekatan arus mudik untuk mencegah laju pemudik yang akan mengakibatkan dampak penyebaran COVID-19.

“Kita berikan apresiasi kepada TNI dan Polri dalam melakukan tugasnya pada Lebaran Tahun ini, sehingga penyebaran COVID-19 turun lima persen. Namun, saya harapkan jangan kita lengah, harus tetap waspada,” kata Menhub. (SB/KYD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU