Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaEkonomiKetua Forum Demak Kreatif: Pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif Harus Adaptif Lakukan...

Ketua Forum Demak Kreatif: Pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif Harus Adaptif Lakukan Transformasi Digital

DEMAKrealitasonline.id | Sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Kendati demikian, Forum Demak Kreatif bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Demak terus berupaya membuat sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif tetap bangkit di masa pandemi ini. 

Berbagai upaya terus dilakukan baik berupa pelatihan, membuka akses pasar, kampanye atau promosi produk, hingga memberikan stimulus ekonomi seperti Bantuan Hibah UMKM dan Bantuan Insentif Pemerintah yang telah diluncurkan Tahun ini.

“Sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Demak mau tidak mau harus adaptif dalam menghadapi pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini penting agar pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif tetap bertahan ditengah masa pandemi ini” kata Ershad Ketua Forum Demak Kreatif, Kamis (08/07/2021) 

Menurut Ershad, optimisme dari teman-teman pelaku UMK dan Ekonomi Kreatif sangat dibutuhkan agar bisa bangkit. Untuk itu perlu kesadaran menjalankan protokol kesehatan. 

“Semakin cepat adaptasi menghadapi pandemi Covid-19, maka semakin cepat pula kita memulihkan kondisi ini, baik sektor UMKM maupun Ekonomi Kreatif,” ujar Ershad. 

Kondisi pandemi ini menuntut pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif untuk adaptif, salah satunya dengan melakukan transformasi digital.

“Memang menurut data kami, pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif yang adaptif dan melakukan transformasi digital bisa bertahan sampai saat ini, meski tidak semuanya mampu seperti itu,” jelas Ershad. 

Baca Juga:   IndiHome Adakan Kompetisi Film Pendek Indie Movie Festival 2021 Berhadiah Ratusan Juta

Forum Demak Kreatif mempunyai program untuk membuat short film dengan memberikan insentif dan edukasi kepada pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif agar lebih memahami platform digital dan penulisan skenario yang lebih adaptif dengan kondisi pandemi Covid 19.

“Digitalisasi akan menciptakan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif lebih produktif dan berdaya saing tinggi yang menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi nasional. Kami bertekad untuk menciptakan etalase digital untuk produk-produk UMKM dan Ekonomi kreatif agar dapat memajukan produk-produk UMKM di Kabupaten Demak,” kata Ershad

Baca Juga:   Pemprov Sumut Usul IMT-GT Punya Pusat Ekspor Produk UMKM

Melalui Forum Demak Kreatif diharapkan para pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi demi menjangkau pangsa pasar pelanggan yang lebih luas. Hal ini juga sesuai dengan transformasi digital yang dicanangkan Pemerintah untuk setiap industri guna menghadapi Revolusi Industri 4.0,” ujarnya.

Dengan inovasi digital dan dukungan serta kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, maka pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Demak akan terus bangkit. 

“Dengan hal itu kami yakin sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif akan kembali bangkit dan menjadi salah satu solusi pemulihan ekonomi Indonesia,” pungkas Ershad. (KYD) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU