Rabu, November 30, 2022
BerandaJawa TimurBaliho Pejabat Publik di Tulungagung Rusak Estetika Lingkungan

Baliho Pejabat Publik di Tulungagung Rusak Estetika Lingkungan

TULUNGAGUNG realitasonline.id | Banyak baliho atau banner yang terpampang di pohon pelindung maupun di sudut Kabupaten Tulungagung membuat pemandangan jadi terganggu. Keberadaan baliho tersebut tampak semrawut dan bahkan mengganggu keindahan atau estetika tata ruang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Suparno selaku Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Berantass. Apalagi saat ini kebanyakan banner atau baliho tersebut bergambarkan pejabat publik seperti yang ada di perempatan Gleduk ke utara di pohon lindung terpampang banner bertuliskan ‘Mas Dokter Pri’.

Baca Juga:   Raih Perak dan Perunggu, Biliar Sumut Catat Sejarah di Porwanas XIII

“Pejabat kok tidak peduli lingkungan, peduli pohon dan peduli kebersihan. Apalagi kabarnya mereka mau mencalonkan Bupati Tulungagung harusnya kan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” ungkap Suparno, Kamis (17/11/2022).

Menurut Suparno pemasangan banner tersebut sangat jelas melanggar aturan apalagi yang terpampang adalah wajah pejabat publik yang justru tidak ada izin resminya. Pasalnya, banner tersebut tidak ada tanda cap resmi (pajak) dari Pemerintah sebagai tanda telah membayar pajak.

Baca Juga:   Gelar Gathering, KPU Tulungagung Sosialisasi Rancangan Penataan Dapil

Suparno menegaskan pemasangan banner itu juga sudah melanggar Undang-Undang (UU) RI No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Suparno berniat akan bersurat ke pihak dinas terkait dan juga ke Bupati Tulungagung tentang pelanggaran pemasangan banner tersebut.

“Ini tidak bisa dibiarkan pejabat publik malah masang banner semaunya. Apalagi ditempel di pohon yang seharusnya pohon di pinggir jalan itu dilindungi dan harus dijaga dan selalu dirawat,” tandasnya. (TOP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU