Rabu, November 30, 2022
BerandaJawa TimurDinas Lingkungan Hidup Tulungagung Gelar Sosialisasi Pembelajaran Pelestarian dan Pengembangan Keanekaragaman Hayati

Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung Gelar Sosialisasi Pembelajaran Pelestarian dan Pengembangan Keanekaragaman Hayati

TULUNGAGUNG – realitasonline.id | Bertempat di desa Wajak Kidul Boyolangu Tulungagung, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung menggelar aksi pembelajaran pelestarian dan pengembangan keanekaragaman hayati, dengan para peserta dari kelompok masyarakat pegiat peduli lingkungan dan anak-anak kaum milenial.

Suroso Kabid Pengendalian dan Pencemaran Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Tulungagung saat ditemui mengatakan program ini merupakan kegiatan dari Dinas Lingkungan Hidup provinsi Jawa Timur yang mengajak kelompok-kelompok masyarakat untuk mengelola lingkungan.

“Ada beberapa kegiatan, diantaranya sosialisasi berupaya membangkitkan semangat masyarakat untuk mengelola lingkungan,” terang Suroso. “Selain itu, melatih ketrampilan serta menambah pengetahuan dengan pelatihan biopori, hidroponik, pengomposan sekaligus penanaman,” imbuhnya.

Baca Juga:   Raih Perak dan Perunggu, Biliar Sumut Catat Sejarah di Porwanas XIII

Suroso berharap setelah kegiatan ini ada sinergi antara generasi muda dengan orang-orang yang lebih dewasa untuk mengelola lingkungan. “Jadi bisa menyatu untuk pengelolaan lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu Sulistiowati selaku sikor Pemeliharaan Lingkungan Hidup dan Pembina Proklim provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini melakukan konservasi di daerah-daerah rawan bencana di saat musim hujan seperti saat ini.

Baca Juga:   Gelar Gathering, KPU Tulungagung Sosialisasi Rancangan Penataan Dapil

“Salah satunya menghidupkan sumber air dengan melakukan penanaman bambu petung,” karena bambu bisa melakukan penyimpanan air yang merangsang terjadi munculnya air di dalam tanah,” jelas Sulistiowati.

Selain itu ada tujuan lainnya yaitu mengajak masyarakat mensukseskan program desa kampung iklim (Proklim) secara nasional. “Desa kampung iklim itu digagas langsung oleh Presiden RI dan tahun 2024 harus mencapai 20 ribu se-Indonesia,” tandasnya. (TOP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU