Selasa, Desember 7, 2021
BerandaJawa TimurPembukaan Latihan Kelinmasan, Bupati Pacitan Minta Sinergi semua Pihak

Pembukaan Latihan Kelinmasan, Bupati Pacitan Minta Sinergi semua Pihak

PACITAN – realitasonline.id | Kabar tentang akan terjadi gelombang tinggi tidak menyurutkan semangat masyarakat kabupaten Pacitan apalagi diprediksi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi ancaman bencana cukup tinggi. Dibutuhkan kerjasama semua pihak utamanya dalam upaya penanggulangan serta pengurangan resiko bencana.

Di pembukaan pelatihan kelinmasan Bupati Indrata Nur Bayuaji menyampaikan “Fungsi pemerintah dalam hal ini adalah memfasilitasi terbentuknya tenaga terlatih di tingkat desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat yaitu anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas),” terangnya. Dilapangan Desa Gembong Kecamatan Arjosari. Kamis (14/10/2021) 

Baca Juga:   Bupati Pacitan Harap Pemeluk Agama Aktif Atasi Krisis

Penyiapan anggota satuan perlindungan masyarakat yang terlatih merupakan salah satu program dalam menghadapi ancaman bencana serta guna meningkatkan kapasitas Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam membangun mitigasi bencana dengan tetap mempertahankan kearifan lokal.

“Kami menginginkan Linmas ini kita tingkatkan derajatnya, kebanggaannya, untuk itu para pemuda saya harapankan juga bisa berperan aktif dalam hal ini,” jelasnya.

Baca Juga:   BSI Kirim Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Mas Aji juga mengharapkan peran perempuan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama masalah kebencanaan. Perempuan dapat menjadi agen informasi melalui ragam kegiatannya di masyarakat. Semisal, melalui kelompok-kelompok arisan atau pengajian. Untuk itu harus ada pembekalan yang cukup agar mereka tahu apa yang harus dllakukan serta paham bagaimana mengurangi resiko bencana. (MA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU