Rabu, Februari 1, 2023
BerandaJawa TimurPolres Tulungagung Amankan 12 Tersangka dari Tindak Kriminal

Polres Tulungagung Amankan 12 Tersangka dari Tindak Kriminal

TULUNGAGUNG realitasonline.id | Polres Tulungagung menggelar Konferensi Pers pengungkapan 4 (empat) kasus yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Tulungagung dan Polsek jajaran di halaman Mapolres setempat, Jumat (20/01/2023) siang.

Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, saat memimpin konferensi pers mengatakan dari pengungkapan kasus ini polisi setidaknya telah mengamankan tersangka sebanyak 12 (Dua belas) orang yang diduga sebagai pelakunya, yang mana 3 (tiga) di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Di antara kasus yang berhasil diungkap antara lain adalah, kasus pengeroyokan berupa pelemparan batu di TKP jalan Pahlawan masuk Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru tepatnya pada 5 Januari 2023 kemarin yang menyebabkan seorang korbannya berinisial MAT (24) warga Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru mengalami luka–luka.

Kemudian, kasus pengeroyokan di TKP wilayah Kecamatan Gondang tepatnya pada 3 Januari 2023 kemarin yang menyebabkan korbannya yakni RAK (17) warga asal Kecamatan Bandung juga mengalami luka – luka dan dari kasus ini polisi berhasil mengamankan tersangka sebanyak 7 (tujuh) orang dan 3 (tiga) diantaranya masih dibawah umur.

“Kasus ini berawal dari rasa fanatisme terhadap organisasi perguruan pencak silat dan merasa tidak senang adanya konvoi yang dilakukan oleh perguruan pencak silat lainnya yakni dengan cara bleyer – bleyer dijalan pada malam hari,” ucap Kapolres Tulungagung.

Baca Juga:   Kapolda Sumut Tegaskan Tidak Terlibat Konsorsium 303: Tuntaskan Kasus Judi dan TPPU Apin BK

Kemudian disusul kasus pencurian Truck dan Pickup di wilayah Kecamatan Karangrejo, Ngunut dan Besuki pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Dimana polisi berhasil mengamankan 2 (dua) orang warga asal Malang masing – masing adalah SP (55) alamat Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo sebagai pelaku dan IE (46) alamat Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun sebagai penadahnya.

“Dalam melancarkan aksinya tersebut, pelaku merusak kunci pintu dengan menggunakan kunci T,” tambahnya.

Selanjutnya, dari pengungkapan kasus tersebut polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Yang diantaranya, dari kasus pengeroyokan dengan cara pelemparan batu di TKP Kedungwaru polisi mengamankan BB berupa hasil visum et repertum, 11 buah batu kerikil, 2 buah pecahan bata merah, dan sebuah balok kayu.

Kemudian dari kasus pengeroyokan dan perampasan kaos di TKP Gondang, polisi mengamankan BB berupa hasil visum et repertum, 1 unit sepeda motor honda beat dan sebuah jemper identitas salah satu perguruan pencak silat milik korban.

Baca Juga:   Kapolres Tulungagung Tekankan Pentingnya Kekebalan Tubuh dengan Vaksin Booster

“Dari kasus pencurian truck dan mobil pickup serta penadahan, petugas kita berhasil mengamankan BB berupa 1 buah kunci T, 1 ikat oler kawat pembuka kunci, 3 buah plat nopol mobil, 3 buah kaleng botol cat warna kuning, 1 buah buku service, dan uang tunai senilai Rp 304.000,– sisa hasil keuntungan yang didapat tersangka,” ujar Kapolres.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya kini para tersangka masih menjalani penahan di Rutan Polres guna proses penyidikan lebih lanjut dan akan dijerat sesuai dengan pasal yang berlaku.

“Sementara untuk tersangka yang masih dibawah umur tidak dilakukan penahanan, namun demikian kasusnya akan terus berlanjut,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menghimbau kepada seluruh anggota perguruan pencak silat agar selalu menjaga kerukunan demi terciptanya Kabupaten Tulungagung agar senantiasa aman, kondusif, ayem tentrem mulyo lan tinoto.

“Kapolres juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap selalu waspada dan berhati–hati dalam memarkir kendaraannya agar terhindar dari tindak pencurian, dan semoga tidak ada lagi kejadian kasus pengroyokan lagi di wilayah Kabupaten Tulungagung,” pungkas Kapolres. (TOP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU