Rabu, November 25, 2020
Beranda Kampus Adaptasi Kebiasaan Baru UMN Al Washliyah, Jaringan Lelet Jadi Masalah Mahasiswa

Adaptasi Kebiasaan Baru UMN Al Washliyah, Jaringan Lelet Jadi Masalah Mahasiswa

MEDAN – Realitasonline.id | Sekumpulan mahasiswa baru di kampus Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah salah satu PTS yang banyak diminati calon mahasiswa di Sumatera Utara, mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Ajaran 2020/2021 yang digelar di kampus setempat, Rabu (21/10/2020).

PKKMB yang dibuka Rektor UMN Al Washliyah Dr KRT H Hardi Mulyono K Surbakti itu munculkan banyak hal berbeda yang dirasakan para mahasiswa baru terkait adaptasi kebiasaan baru pada proses belajar di tengah situasi pandemi Covid-19.

Hampir kebanyakan mahasiswa baru yang diwawancarai saat PKKMB mengaku bingung dengan cara belajar sistem Daring ini. Apalagi jaringan lelet kerap dituding jadi biang masalah.

Mutia didampingi temannya Putra dari MA Pondok Pesantren Raudatul Hasanah, mahasiswa baru UMN jurusan Ekonomi mengaku masih bingung dengan sistem belajar Daring tersebut.

“Saya semangat aja meski bingung-bingung juga, tapi saya tetap ikuti proses tahapannya,” kata Mutia.

Syifa Pitaloka, mahasiswa baru asal SMAN 1 Bagan Batu Riau yang mengambil jurusan farmasi mengatakan juga bingung dengan proses belajar Daring. Apalagi di farmasi, mahasiswa wajib masuk laboratorium (Lab). “Ya maunya kuliah tatap muka, tapi karena harus Daring saya harus lebih rajin buka email dan WA. Saya juga masih binggung dengan perkulihaan menggunakan google Classroom dan zoom meeting,” bebernya.

Lain halnya Andika, mahasiswa baru asal SMAN 5 Medan yang mengambil jurusan hukum. Gadis manis ini mengaku tidak terkejut lagi dengan kuliah Daring.

“Sebelumnya saya sudah pernah kuliah di Poltekkes, tapi keluar dan ambil hukum di sini. Saya sudah pernah mengikuti kuliah Daring di Poltekkes jadi tidak terkejut lagi. Tapi yang jadi masalah jaringan sering lelet. Tugas tidak selesai timbul stress,” katanya.

Sementara itu Wakil Rektor (WR) III UMN Dr Anwar Sadat MHUm mengakui sudah terjadi perubahan budaya pada kehidupan kampus di masa pandemi Covid-19.

Pak rektor jauh-jauh hari sudah mengantisipasi hal tersebut dan sejak dini kami telah mempersiapkan langkah strategis untuk menyambut mahasiswa baru ini. Salah satunya adalah disiplin protokol kesehatan dan pembelajaran sistem e-learning.

Hal ini penting dan wajib diketahui seluruh mahasiswa baik yang baru maupun lama termasuk juga dosen dan staf di lingkungan kampus. “Ini salah satu perubahan budaya pada kehidupan kampus yang tampak nyata,” sebut Anwar Sadat.

“Saya rasa ini tidak hanya terjadi di UMN saja tapi seluruh Pendidikan Tinggi di Indonesia maupun dunia juga pendidikan rendah setingkat SD, SMP dan SMA semua dampak merasakan perubahan tersebut.

“Karena sistem Daring ini merupakan keputusan SKB 4 Menteri mau tidak mau harus diikuti. Demikian pula dengan disiplin protokol kesehatan yang telah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) dan Peraturan Gubernur (Pergub) juga harus dijalankan,” sebut Anwar Sadat.

WR 3 ini mengungkapkan PKKMB yang diaksanakan ini juga untuk mematuhi aturan protokol kesehatan, seperti mahasiswa wajib pakai masker, tempat duduk mahasiswa diatur jaraknya yakni 1 meter dan disediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun, handsanitizer dan tissue.

Pertemuan mahasiswa PKKMB ini dilaksanakan dua hari yakni Rabu dan Kamis (22-22/10/2020), dibagi dalam beberapa sesi dengan jumlah mahasiswa baru yang terbatas. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pengumpulan massa yang besar.

Beda dengan tahun lalu, mahasiswa baru dikumpulkan dalam jumlah kelompok yang besar dan diberi pembekalan kuliah umum.

Rektor UMN Al Washliyah Dr KRT H Hardi Mulyono K Surbakti melalui WR I Dr H Firmansyah MSi mengatakan sangat memahami keresahan dan kebingungan mahasiswa baru terkait perubahan pola hidup kampus.

“Perkuliahan tatap muka memang akan berkurang sebagai gantinya dengan Daring, jika mahasiswa mengalami kesulitan belajar Daring bisa menghubungi HP Bapak,” katanya seraya membagikan nomor handphone ke mahasiswa baru.

Sementara itu WR 1 Firmansyah mengingatkan mahasiswa baru agar tetap menjalin komunikasi agar tidak ketinggalan informasi.

Diingatkan Firmansyah, jika mahasiswa baru menemukan kendala ataupun masalah terkait e-learning dan protokol kesehatan dapat mengkomunikasikanke dekan, wakil dekan, pembimbing akademik, ketua prodi, atau teman senior. “Posisi-posisi yang disebutkan tadi jangan sampai putus komunikasinya,” pesan Firmansyah kepada mahasiswa baru yang menyampaikan juga perkuliahan dimulai 26 Oktober mendatang, sebutnya.

Firmansyah juga mengatakan mahasiswa baru tidak perlu bingung dan khawatir karena pembelajaran e-learning akan diberi panduan.

“Kami juga menyiapkan Pusat Informasi dan Telekomunikasi dengan platform sendiri dan masuknya lewat portal akademik,” urainya. Dia juga menyampaikan adanya kuota gratis dari pemerintah,” tutupnya. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Misi Rakit Selesai, Jembatan Krueng Teukuh Abdya Sudah Terhubung

BLANGPIDIE - realitasonline.id | Proyek pengerjaan jembatan Krueng Teukuh di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang...

Sumut Raih Peringkat ke-6 MTQN XXVIII, Rizki dan Taufik Dihadiahi Rp100 Juta

MEDAN – realitasonline.id | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi Kafilah Sumut yang berhasil mengharumkan nama daerah ini di ajang Musabaqah Tilawatil...

Strategi Investasi di Kota Medan dan UMKM Diseminarkan

MEDAN - realitasonline.id | Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar seminar nasional Strategi Investasi di Kota Medan dan UMKM, Selasa (24/11/2020) di Sky...

Kadis Pertanian: Kebutuhan Bawang Merah untuk Sumut Capai 46 Ton Per Bulan

PADANGSIDIMPUAN - realitasonline.id | Kebutuhan bawang merah sast ini untuk Sumatera Utara (Sumut) Capai 46 ton per bulan, namun yang tersahuti baru...