Minggu, Januari 17, 2021
Beranda Kampus LPPM Unimed Kembangkan Bahan Ajar Digital dan Video Interaktif

LPPM Unimed Kembangkan Bahan Ajar Digital dan Video Interaktif

MEDAN – realitasonline.id | LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) kembangkan bahan ajar digital dan video interaktif untuk memaksimalkan  pembelajaran Daring di masa Covid-19  di SMA dan SMK Pabaku Stabat Desa Karang Rejo Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat.

Demikian dijelaskan ketua tim dosen Unimed Dr Hermawan Syahputra MSi, dosen Ilmu Komputer FMIPA Unimed didampingi anggota Dr Restu MS, dosen Geografi FIS Unimed, Dra Ani Sutiani MSi,  dosen Kimia FMIPA Unimed, Rabu (16/9/2020).

Hermawan Syahputra mengatakan mitra dalam kegiatan ini  adalah

SMA Pabaku Stabat yang langsung dihadiri Kepala Sekolah Junaidar Arianto ST dan SMK Pabaku Stabat dengan Kepala Sekolah, Sri Ramadhani MPsi.

Dikatakan Hermawan, tujuan utama pengabdian kepada masyarakat di sekolah binaan ini untuk  membantu mitra dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar digital dan video interatif untuk memaksimalkan pembelajaran secara daring di masa covid-19 di SMP, SMA dan SMK Pabaku Stabat Kabupaten Langkat.

Kegiatan yang dihadiri oleh tim pelaksana, kepala sekolah SMA dan SMK Pabaku Stabat, tim pendamping dari LPPM Unimed, mahasiswa Ilkom FMIPA Unimed dan diikuti oleh 22 guru yang terdiri dari guru SMP, SMA dan SMK, jelasnya.

“Seluruh guru sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan, dikarenakan pelatihan seperti pengembangan bahan ajar digital ini dirasa sangat dibutuhkan untuk membantu masalah guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring,” kata Hermawan seraya menambahkan 

Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan program ini yaitu workshop dan pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan secara daring. 

Tahap pertama, jelasnya, peserta dibimbing dalam mengembangkan bahan ajar dengan animasi powerpoint pada satu materi ajar. 

Selanjutnya pada tahap kedua, peserta diajarkan dalam merekam dan pengisian suara pada bahan ajar berbasis animasi powerpoint tersebut dengan menggunakan software Camtasia, jelasnya dengan detail. 

Untuk basil akhir dari kegiatan tersebut, kata Hermawan, adalah video pembelajaran interaktif yang menarik untuk dapat digunakan siswa dalam mempelajari suatu materi yang diberikan guru. 

Untuk penyampaian bahan ajar digital dan video interaktif yang dikembangkan digunakan aplikasi e-learning, ujarnya.

Untuk diketahui aplikasi e-learning yang digunakan dalam pembelajaran Daring adalah aplikasi open source berplatform android yaitu google classroom.

Dengan adanya peningkatan kemampuan guru di SMP, SMA dan SMK Pabaku Stabat  diyakini akan meningkatkan proses pembelajaran di masa Covid-19 ini yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Jubir Muryanto Amin: Putusan Rektor Runtung Nomor 82 Belum Bersifat Final dan Mengikat

MEDAN - realitasonline.id | Dr Edy Ikhsan selaku juru bicara Rektor Terpilih Universitas Sumatera Utara (USU) Periode 2021 - 2026, Muryanto Amin,...

DPRD Medan Siap Mengawali Proses Vaksinasi Covid-19

MEDAN - realitasonline.id | DPRD Medan siap mengawali proses vaksinasi Covid-19 yang merupakan program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

DPRD Medan Minta Pemko Kembali Berlangganan Koran

MEDAN - realitasonline.id | DPRD Medan minta Pemko agar kembali berlangganan koran, karena surat kabar salah satu media sebagai sarana menyebarluaskan informasi tentang...

Resahkan Warga, 2 Pengedar Sabu Diringkus Polsek Padang Tualang

STABAT - realitasonline.id | Kepolisian Sektor Padang Tualang berhasil mengamankan dua orang yang diduga mengedarkan narkotika jenis sabu-sabu, pada Jum'at (15/1) sekira Jam 10.15...