USU Komit Wujudkan Kampus Hijau

0

MEDAN – realitasonline.id | Kehadiran kampus sebagai lingkungan pendidikan tinggi sedianya harus menjadi contoh dari terjaganya keseimbangan alam di tengah geliat modernisasi dan percepatan teknologi. 

Kampus diharapkan berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih sehat, nyaman dan hijau, serta menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik untuk dihuni oleh seluruh makhluk hidup.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin SSos MSi menegaskan USU berkomitmen menyokong kampus hijau yang diwujudkan melalui peningkatan posisi USU dalam UI GreenMetric. 

Rektor menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada 1st Meeting –Introduction and Preliminary Assessment UI GreenMetric melalui pertemuan virtual, Senin (3/5/2021).

“Yang tak kalah pentingnya lagi adalah USU harus bekerja keras mensosialisasikan dan menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggung jawab di antara para civitas akademikanya, untuk pemeliharaan lingkungan dan penyelenggaraan kampus yang berkelanjutan,” sebutnya.

Baca Juga: Gelar Vaksinasi Tahap II, USU Songsong Kuliah Tatap Muka

Baca Juga: Cegah Sebaran Covid -19 Angkasa Pura II Dukung Pemerintah Larang Mudik

Dia menyebutkan USU menyadari harus dilakukan banyak upaya dan langkah strategis untuk memperbaiki peringkat dan menambah skor penilaian secara serius.

“Penilaian USU sebagai Kampus Hijau dalam kurun waktu 2017 sampai dengan 2020, dapat disampaikan bahwa USU mengalami peningkatan nilai pada beberapa aspek. Meskipun ada juga nilai yang belum mencapai target pada beberapa aspek lainnya,” tambahnya.

Dr Muryanto Amin menjelaskan, pemeringkatan USU di tahun sebelumnya mengalami peningkatan. Setidaknya USU tidak keluar dari 14 besar dalam beberapa tahun terahir.

“Keikutsertaan Universitas Sumatera Utara dalam penilaian kampus hijau pada tahun pertama menghasilkan prestasi yang baik, yakni dengan menduduki peringkat 11 di Indonesia dan peringkat 234 di dunia. Meskipun pada tahun 2018 Universitas Sumatera Utara harus menurun peringkatnya di posisi 14 untuk Indonesia dan 253 di dunia,” katanya.

Ia menjelaskan pada tahun berikutnya di tahun 2019, Universitas Sumatera Utara bertahan di posisi 14 untuk Indonesia dan mengalami kenaikan posisi di dunia, yakni berada pada peringkat 250. Poin yang didapatkan dalam penilaian pada tahun tersebut juga meningkat dibanding pada tahun sebelumnya

“Pada tahun 2020, USU mampu menaikkan posisinya ke peringkat 11 di Indonesia dan peringkat 136 di dunia. USU pada tahun 2020 juga meraih penilaian UI GreenMetrics World University Ranking Award 2020 dalam kategori The Most Active University in UI GreenMetrics World University Ranking Network Indonesia,” ujarnya.

Ia sangat berharap agar hasil yang telah diperoleh beberapa tahun belakangan menjadi motivasi USU untuk perbaikan peringkat serta juga untuk mengimplementasikan Tri Darma USU dalam bentuk mewujudkan kampus hijau.

“Kami berharap dalam program assessment kali ini, dengan segala upaya dan perbaikan yang telah dilakukan oleh Tim UI Green Metric USU bersama-sama seluruh jajaran pimpinan dan civitas akademika, Universitas Sumatera Utara berhasil memperoleh penilaian yang baik, setidaknya jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua UI GreenMetric Universitas Indonesia, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, MM, MSc, Asesor UI GreenMetric Dr Ruki Harwahtu, ST, MT dan Prof Ivandini. Rektor USU sendiri didampingi oleh Wakil Rektor IV USU, Prof Dr Drs Opim Salim Sitompul, MSc, Para Staf Ahli Rektor USU, serta Tim UI GreenMetric USU. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here