Dinkes Tulang bawang Diduga Lakukan Penyimpangan Penggunaan Anggaran APBD/APBN TA 2020

0

TULANGBAWANG – realitasonline.id | Dalam Anggaran Dinas Kesehatan rincian APBD menurut urusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Provinsi Lampung diduga mencapai  besaran dana Rp. 114.988.130.405.00 pada tahun 2020.

Dalam pantauan realitasknline.id, pelaksanaan realisasi kuat dugaan ada pemotongan dari anggaran di antaranya kegiatan pelayanan 

1.Jaminan Kesehata Nasional (JKN) 

2. Program pelayanan penduduk miskin. Pelayanan Kesehatan Daerah (JKD) 

3. Bantuan Operasinal Kesehatan (BOK) 

4. Pengadaan sarana dan prasarana Puskesmas.

5. Peningkatan pembinaan pelayanan kesehatan dasar (DAK).

6. Peningkatan dan pelayanan kesehatan BLUD RSU Menggala

7. Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)  UKM sekunder, dan lainnya oleh oknum pejabat Dinas Kesehatan Tulang Bawang.

Menurut sumber yang enggan disebut namanya,  mengatakan bahwa dari kegiatan per item dana yang kami terima dari bendahara keuangan atas perintah PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) kegiatan kami dipotong, Dari 2,5 persen sampai 25 persen sehingga kegiatan masing-masing asal jadi, ungkapnya sambil kesal.

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Penumpang di Bandara Kualanamu Melonjak

Baca Juga: Kerjasama SMSI-UPDM, Perusahaan Pers Pilih UKW Berbasis Undang-Undang Pers

Saat team media ini sambangi neberapa kali ke kantor Dinas Kesehatan Tulang Bawang pada 30/04/2021 ingin maksud konfirmasi dan klarifikasi kepada Kepala Dinas dan sekertaris, namun selalu gagal, walau kedua pejabat itu ada di dalam ruangannya. Awak media pun menyampaikan pesan dengan petugas jaga yaitu Sat Pol PP, namun dijawab, “maaf, Pak Kadis ada tamu begitu pun dengan Ibu sekertaris,” ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan Kepala Dinas dan Sekertaris Dinas Kesehatan  Tulang Bawang  belum bisa diminta keterangannya. (MP/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here