Jumat, Juni 5, 2020
Beranda Medan Akhyar Serahkan Zakat 778 Orang Mustahik di Mesjid Taqwa

Akhyar Serahkan Zakat 778 Orang Mustahik di Mesjid Taqwa

MEDAN – Realitasonline | Sebanyak 778 orang yang masuk dalam kelompok Fisabilillah di Kota Medan mendapat bantuan zakat di Aula Masjid Taqwa, Jalan Mustafa Medan, Kamis (21/5/2020). Adapun zakat yang diberikan merupakan hasil zakat dari Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan yang sebelumnya diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan di Balai Kota, Rabu (20/5). 

 778 orang tersebut terdiri dari 728 orang ustad dan ustadzah di 21 kecamatan se-Kota Medan serta 50 orang qori dan qoriah. Penyerahan diberikan langsung Akhyar secara simbolis kepada 5 orang ustadz didampingi Ketua Baznas Kota Medan H Azwar. Sebelumnya, jumlah zakat yang diserahkan sebesar Rp.369 juta dan ada penambahan lagi sebesar Rp.20 juta sehingga menjadi Rp. 389 juta.

Dikatakan Akhyar, zakat yang diserahkan merupakan hasil zakat beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Selain itu bilangnya, penentuan pemberian zakat seluruhnya dipercayakan dan diserahkan kepada Baznas Kota Medan untuk disalurakan kepada para mustahik (orang yang menerima zakat).

“Alhamdulillah, hasil zakat dari jajaran di Pemko Medan hari ini mulai disalurkan. Kami percayakan sepenuhnya kepada Baznas Kota Medan untuk menentukan mustahik yang akan menerima. Menjadi kebahagiaan bagi kami bisa ikut andil dan berbagi dengan sesama. Semoga, apa yang diberikan dapat bermanfaat dan memberi kebahagiaan bagi yang menerima,” kata Akhyar.

 Di hadapan Kepala Badan Kepegawaian Daerah & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD&PSDM) Kota Medan Muslim Harahap, Asisten Administrasi Umum Renward Parapat, Kabag Agama Adlan, Kabag Humas Arrahman Pane dan Camat Medan Timur Odie Batubara yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, Akhyar mengingatkan agar warga senantiasa mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

 “Kita semua memahami kondisi yang saat ini kita hadapi. Dibutuhkan kerjasama dari kita semua untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 saat ini. Salah satunya yakni mengenakan masker. Sebab, hal ini dinilai efektif untuk melindungi kita dan orang lain dari virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk mengatasinya,” bilangnya.

 Akhyar pun berharap momentum bulan Ramadhan dan jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi ini dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan ketaqwaan serta terus memanjatkan doa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Ikhtiar terus kita lakukan dengan tetap waspada dan senantiasa mengikuti protokol kesehatan. Hindari kerumuman yang bisa berpotensi dapat menularkan terlebih mereka yang tidak memakai makser. Waspadai orang-orang yang tidak memakai masker. Kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir dan kita dapat hidup normal kembali,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Medan H Azwar  didampingi komisioner Baznas di antaranya Palit Muda Harahap, H Sangkot Saragih, H Hermanto dan H Suadi Lubis mengungkapkan, zakat yang diserahkan Plt Wali Kota sebelumnya berjumlah Rp. 369 juta. Namun, usai itu ada penambahan menjadi Rp. 389 juta. Pihaknya juga mengatakan prosesi penyaluran zakat akan berlangsung selama dua hari hingga besok, Jumat (22/5). 

 “Alhamdulillah, setelah kemarin Baznas menerima zakat dari Bapak Plt Wali Kota ada penambahan Rp. 20 juta sehingga menjadi Rp. 389 juta. Insha Allah semua yang diberikan akan kami salurkan kepada para mustahik yang berhak menerima. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Baznas untuk mengakomodir dan menentukan sepenuhnya penyaluran zakat ini,” ungkap H Azwar. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

Sugianto Makmur Sarankan Bentuk Perda Penyakit Menular Manusia, Hewan dan Tanaman di Sumut

Medan - Realitasonline | Anggota FPDI Perjuangan DPRD Sumut Sugianto Makmur menyarankan agar dibentuk Perda (Peraturan daerah) penyakit menular pada manusia, hewan...

SMSI Sumut Apresiasi Empati Gubsu terhadap Media di Tengah Pandemi

Medan - Realitasonline | Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Propinsi Sumut mengapresiasi Gubsu Edy Rahmayadi atas empatinya terhadap keberadaan media pers di...

Dirawat Dengan Gejala Covid 19 Satu Warga Simalungun Meninggal di RSUD Perdagangan

SIMALUNGUN - Realitasonline | Seorang lagi warga kabupaten Simalungun,meninggal dunia dalam perawatan dengan gejala Covid 19 di RSUD Perdagangan, kamis (04/06/2020).

Penutupan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan Tetap Patuhi Protokol Covid-19

P.SIANTAR - Realitasonline | Penutupan Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia-Keluarga Berencana (IBI-KB) Kesehatan bekerja sama dengan Kodim 0207 Simalungun di Kota Pematangsiantar...