Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaMedanDiskominfo Sumut Harapkan HPN 2023 Bernuansa Lokal

Diskominfo Sumut Harapkan HPN 2023 Bernuansa Lokal

MEDAN – realitasonline.id| Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan pelaksanaan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tersebar di kabupaten/kota yang ada di Sumut. Langkah tersebut dilakukan agar dapat mengenalkan keragaman dan potensi daerah yang dimiliki Sumut.

Hal itu dikemukakan Plt Kepala Diskominfo Sumut Kaiman Turnip pada rapat persiapan pelaksanaan HPN 2022 di Aula Transparansi Diskominfo, Kantor Diskominfo Sumut, Jalan HM Said, Medan, Kamis (30/6). “Kalau bisa kita buat tersebar di kabupaten/kota di Sumut, Sumut itu kan beragam,” kata Kaiman.

Kaiman juga mengharapkan HPN 2023 dapat bernuansa lokal. Serta pelaksanaan HPN tidak hanya seremonial belaka. Karena itu, harus memberikan kesan dan pengaruh yang membekas pada tamu yang notabene wartawan dari seluruh Indonesia tersebut.

Baca Juga:   Warga Mengadu ke DPRD Medan, Sebut Lapangan  Bola Sejati Bukan Aset Pemko 

“Harapan kami memang kegiatan ini bisa bernuansa lokal, dan berpengaruh nasional bahkan internasional,” kata Kaiman.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sangat mendukung pelaksanaan HPN 2023. Dengan Sumut menjadi tuan rumah, Kaiman optimis, nantinya akan memberikan dampak yang besar bagi Sumut.

Senada dengan Kaiman, Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Erris J Napitupulu menyampaikan, kabupaten/kota perlu dilibatkan. Maka perlu dukungan dari setiap pihak termasuk sinergi dari kabupaten/kota. “Artinya yang kita jual Sumatera Utara, persiapan kita butuh dukungan,” kata Erris.

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Farianda Putra Sinik menyebut pelaksanaan HPN 2023 merupakan pekerjaan besar, yang tidak bisa dianggap enteng. “Karena ini menyangkut marwah kita, dari mulai tamu datang, kita buat mereka tetap tersenyum, gubernur juga sudah berpesan HPN jangan hanya sekadar seremonial, harus berkesan, makanya kami ingin menyinergikan ini, kami mau melibatkan seluruh stakeholder,” ucap Farianda.

Baca Juga:   Ungkapan Hati Seorang Dokter Muda, Safira: "I Wanna Be Loved"

Akademisi Arifin Saleh Siregar yang juga Dekan FISIP UMSU berpendapat, HPN di Sumut merupakan kegiatan yang strategis. Sedikitnya 7.000 wartawan se-Indonesia akan datang ke Sumut. Momentum untuk mempromosikan berbagai potensi dan kekayaan daerah.

Apalagi dalam waktu yang berdekatan juga digelar berbagai event besar, seperti  tuan rumah PON tahun 2024. “Ini kerja berat dan besar dan kerja panjang, kita ingin Sumut mampu dan jadi tuan rumah yang baik,” ujar Arifin. (AY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU