DPRD Medan Desak Pemko Normalisasi 12 Sungai yang Melintasi Kota

0


MEDAN – realitasonline.id| DPRD Medan mengatakan untuk mengatasi persoalan banjir yang tak kunjung berakhir,  Pemerintah Kota Medan harus melakukan normalisasi 12 sungai yang melintasi ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Demikian dikatakan anggota DPRD Medan Rudiawan Sitorus pada Kamis (25/11/2021). Anggota dewan dari Fraksi PKS ini mengharapkan Wali Kota Medan lebih keras lagi menekan pemerintah pusat, seperti Balai Wilayah Sungai Sumatera II untuk menormalisasi 12 sungai yang melintasi Kota Medan.

Masalah banjir, lanjut dia, kerap terjadi setiap tahun dan tentu diakibatkan buruknya tata kelola drainase yang bermuara ke sejumlah sungai di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini.

Baca Juga:   HUT ke-91 Al Jam'iyatul Washliyah, Edy Rahmayadi Borong Semua Lukisan dan Kaligrafi Pemenang Lomba

Untuk diketahui, Pemkot Medan optimistis pekerjaan normalisasi Sungai Bedera dengan mengalokasikan anggaran Rp45 miliar yang dimulai tahun ini, disusul Sungai Babura dan Sungai Deli tahun depan untuk mengatasi banjir.

“Kenapa hari ini persoalan banjir di Medan viral di media sosial?, karena masyarakat sangat berharap dengan Wali Kota Medan ketika kampanye akan menyelesaikan persoalan banjir,” ucap Rudiawan.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Ferry Ichsan mengaku peristiwa banjir akibat meluapnya beberapa daerah aliran sungai (DAS) Deli di Medan pada Selasa (23/11/2021) malam.

Baca Juga:   Petugas Gabungan di Medan Gelar Razia Malam Hari

“Tadi malam itu, banjir disebabkan meluapnya beberapa DAS Deli, seperti Sei Sikambing. Kenaikan muka air di Sungai Deli berimbas pada kenaikan muka air Sungai Putih dan meluapnya Sei Sikambing dan Sei Selayang,” terang dia.

“Hal ini juga mengakibatkan antrian air drainase, sehingga terjadi genangan. Ada juga permasalahan drainase antara lain di wilayah Kota Matsum dan sekitarnya. Segera kita normalisasi,” tegas Ferry. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here