Kamis, Juli 9, 2020
Beranda HL Gubernur Ikuti Peringatan HANI 2020, Tebingtinggi Dapat Penghargaan P4GN

Gubernur Ikuti Peringatan HANI 2020, Tebingtinggi Dapat Penghargaan P4GN

MEDAN – realitasonline.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengikuti kegiatan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 secara virtual oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, yang dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dan Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Jumat (26/6) pagi.

Peringatan HANI yang mengusung tema “Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba”, diikuti Ketua DPR RI, para menteri dan gubernur se-Indonesia, perwakilan lembaga negara lainnya serta penggiat anti narkoba dari tempat masing-masing melalui konferensi video.

Wapres menyampaikan bahwa peringatan HANI ini penting dilakukan sebagai momentum untuk tetap menunjukkan kewaspadaan terhadap bahaya narkotika. Terlebih angka penyalahgunaan narkoba pada tahun lalu cukup tinggi. Dari 3,37 juta jiwa di 2017, naik menjadi 3,6 juta pada 2019.

Karena itu, Wapres meminta seluruh generasi bangsa dapat berpartisipasi memerangi penyalahgunaan narkoba, sebagaimana menghadapi pandemi Covid-19. Sebab menurutnya, kedua hal itu merupakan masalah yang serius dan berdampak pada berbagai aspek.

“Penanganan narkotika dan Covid-19 membutuhkan standar yang sama, yaitu untuk memberi jaminan dan melindungi hak-hak masyarakat agar dapat hidup, tumbuh, dan berkembang secara optimal,” kata Ma’ruf.

Penghargaan P4GN

Dari peringatan HANI 2020, BNN juga memberikan penghargaan Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan serta disaksikan Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

Usai mengikuti peringatan HANI 2020 secara virtual, Gubernur menyampaikan bahwa upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba bukan hanya di Tebing Tinggi, tetapi semua kabupaten/kota. Namun menurutnya, penghargaan itu didapat karena kegiatan antisipasi narkotika di kota itu lebih menonjol.

“Narkoba ini musuh kita bersama, jadi bukan soal penghargaannya. Saya berharap 33 kabupaten/kota dapat meminimalisasi peredaran narkoba,” sebut Gubernur.

Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada BNN karena menjadikan kotanya masuk 10 besar bidang pencegahan dan pemberantasan narkoba.

“Di Tebing Tinggi kita membuat Kelurahan Bersinar (bersih narkoba). Kita berikan penghargaan yang sudah ada itu Kelurahan Teluk Karang dan insya Allah akan menyusul dua lagi kelurahan yang bersih dari narkotika,” jelas Umar.

Selain itu, kata Umar, pihaknya juga melakukan tes urine kepada para aparatur sipil negara (ASN), terutama kepada pejabat yang akan dilantik. Bahkan, anggota DPRD setempat juga sudah mengikuti langkah serupa, termasuk juga menggerakkan kelompok masyarakat, tokoh agama melalui satgas yang ada untuk melakukan penyuluhan.

“Termasuk ke sekolah-sekolah yang kita lakukan bersama Forkopimda seperti Polres, Kodim, Kejaksaan dan sebagainya. Karena daerah yang terbuka seperti Tebing Tinggi, tentu bahayanya (penyalahgunaan narkoba) atau tantangannya lebih besar dari daerah lain yang lebih tertutup. Jadi oleh karena itu, kemauan kita bersama yang perlu kita wujudkan untuk sama-sama mencegah, menangkal dan juga memberantas peredaran gelap narkotika,” tambahnya.

Langkah berikutnya, lanjut Umari, Pemko Tebing Tinggi dalam mencegah peredaran narkoba adalah dengan menekan angka kebutuhan pemakai, dimana caranya adalah mengarahkan perhatian masyarakat khususnya generasi muda terlebih remaja kepada hal yang positif.

“Kami menggiatkan olahraga. Ini menjadi kegiatan untuk mencegah penyebaran narkotika. Semakin banyak kegiatan itu dan melibatkan kelompok remaja, ini menjadi jauh lebih baik lagi. Ini yang kita laksanakan dan kita bina bersama KONI dan cabang olahraga yang ada,” ujar Walikota Tebing Tinggi.

Hadir dalam peringatan HANI 2020 di Sumut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Plt Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar serta sejumlah pejabat lainnya. (AL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

UNESCO Global Geopark, Edy Rahmayadi Dorong Peningkatan Fasilitas Kaldera Toba

DELISERDANG - realitasonline.id | Dewan Eksekutif United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada sidang ke-209 menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global...

Simpan Ganja Dalam Gubuk Divonis 5 Tahun Bui

Simalungun - realitasonline | Batu Marsaid Lada Simarmata (42) terbukti menyimpan ganja dalam gubuk divonis 5 tahun denda 900 juta subsider 6...

Pemprov Sumut Terus Kembangkan Transaksi Elektronik

MEDAN - realitasonline.id | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus mengembangkan transaksi digital. Hingga saat ini, Pemprov Sumut memiliki beberapa aplikasi transaksi elektronik,...

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati dan Ketua TP PKK Asahan Gerakan Tanam Cabai

ASAHAN - realitasonline.id | Gerakan Tanam Cabai memiliki maksud dan tujuan untuk memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan baik di pedesaan maupun perkotaan dalam memproduksi kebutuhan pangan.