Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaEkonomiKahiyang Ayu Dukung Wujudkan 1 Kelurahan 1 Sentra UMKM

Kahiyang Ayu Dukung Wujudkan 1 Kelurahan 1 Sentra UMKM

MEDAN – realitasonline.id | Ketua Dekranasda Kita Medan Kahiyang Ayu mendukung program Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk mewujudkan satu kelurahan satu sentra kewirausahaan (Sakasanwira).

Pernyataan itu disampaikan Kahiyang Ayu yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan pada tamunya pengurus Dekranasda Kota Pariaman Sumatera Barat. Kata Kahiyang Ayu,  pembinaan UMKM juga dilakukan di semua kelurahan untuk menggali potensi yang ada sehingga nantinya diharapkan produk-produk unggulan yang dihasilkan bisa menjadi ciri khas dan oleh-oleh Kota Medan.

Ketua Dekranasda Medan saat menerima kunjungan  pengurus Dekranasda Kota Pariaman di Aula Gedung Seba Guna Dharma Wanita Jalan Rotan Medan, Kamis (17/6/2021). Selain bersilaturahmi, kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Dekranasda Kota Pariaman Lucyanel Genius Umar bertujuan untuk belajar dan berdiskusi terkait upaya peningkatan sektor UMKM.

Ketua Dekranasda Kota Medan menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan di Kota Medan yang dikenal sebagai kota dengan keragaman kulinernya. Untuk UMKM, Ketua Dekranasda Kota Medan mengaku Dekranasda Kota Medan melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuan, keahlian dan pemahaman dalam mengelola, memproduksi dan memasarkan produk-produk mereka.

“Pendampingan dan pembinaan yang kami (Dekranasda) lakukan dari hulu hingga ke hilir terkait dengan pendataan, manajemen keuangan, mutu, produksi dan pemasaran agar dapat meningkatkan daya saing mereka. Hingga saat ini, pemasaran produk kerajinan Dekranasda dilakukan melalui pasar tradisional dan ekspor serta membangun kerja sama dengan e-commerce untuk pemasaran secara online,” kata Ketua Dekranasda Kota Medan.

Baca Juga: Wakil Walikota Harapkan FKUB Terus Bina Kerukunan dan Keharmonisan Umat Beragama

Baca Juga: Tangani Banjir di Medan, Bobby akan Normalisasi Sungai dan Drainase

Dijelaskan Ketua Dekranasda Kota Medan mengungkapkan bahwa pelaku UMKM juga dibantu untuk mempermudah mendapatkan izin usaha. Tujuannya, agar masyarakat merasa yakin untuk membeli hasil produk UMKM yang dipasarkan serta menjamin kualitas dan keamanannya.

Baca Juga:   Kodam I/BB Gelar Tes Kesamaptaan Casis Bintara Kowad

Selain itu ditambahkan Ny Kahiyang Ayu, dalam mendukung program Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk mewujudkan satu kelurahan satu sentra kewirausahaan (Sakasanwira), jelas Ketua Dekranasda, pembinaan UMKM pun dilakukan di semua kelurahan untuk menggali potensi yang ada sehingga nantinya diharapkan produk-produk unggulan yang dihasilkan bisa menjadi ciri khas dan oleh-oleh Kota Medan.

Untuk itu, melalui pertemuan tersebut, Kahiyang Ayu berharap diskusi dan eksplorasi potensi yang disampaikan dapat saling membantu Dekranasda Kota Medan dan Kota Pariaman meningkatkan sektor UMKM di kota masing-masing.

 “Semoga dengan ini juga hubungan antara Kota Medan dan Kota Pariaman semakin terjalin baik lewat kolaborasi yang dibangun,” harap Ketua Dekranasda Kota Medan yang hadir didampingi Wakil Ketua I Dekranasda Kota Medan Ny Shaula Arindianti Aulia Rachman dan Wakil Ketua II Ny Ismiralda Wiriya Alrahman.

Baca Juga:   UMN Al Washliyah Gelar PKM Angkat Tema Literasi Digital

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pariaman Ny Lucyanel Genius Umar mengaku kedatangannya bersama Wakil Ketua Dekranasda Ny Indriati Mardison Mahyuddin dan rombongan untuk mengetahui pola, cara dan strategi Dekranasda Kota Medan dalam meningkatkan dan mengembangkan UMKM, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan. Kedatangan kami ingin belajar bagaimana mengembangkan UMKM agar maju seperti Kota Medan. Selain itu, harapan kami juga sama yakni peningkatan kualitas dan kapasita pelaku UMKM sehingga produk yang dihasilkan juga berkualitas dan nantinya dapat menambah pendapatan mereka,” jelas Ny Lucyanel.

Usai itu, pertemuan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Sebelum mengakhiri pertemuan, Ketua Dekranasda Kota Medan memakaikan kain ulos ke Ketua Dekranasda Kota Pariaman dilanjutkan dengan saling bertukar cinderamata. Kemudian, Ketua Dekranasda Kota Medan mengajak rombongan melihat hasil produk-produk UMKM Kota Medan dan meninjau gerai UMKM di Kantor PKK Kota Medan. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU