Ketua DPRD Medan Apresiasi Bobby Nasution Berlakukan Program UHC Awal Desember 

0

MEDAN – realitasinline.id| Ketua DPRD Medan Hasyim SE beri apresiasi pada Bobby Nasution yang mulai 1 Desember 2022,  sudah memberlakukan program Universal Health Covarage (UHC), untuk masyarakat Kota Medan yang akan berobat secara gratis di seluruh Rumah Sakit yang memiliki kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

“Dengan demikian, seluruh penduduk kota Medan apabila ingin berobat ke Rumah Sakit milik pemerintah maupun swasta manapun. Mereka tinggal menunjukkan NIK di KTP nya dan berhak mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, layak, optimal dan gratis tentunya,” kata Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Selasa (29/11/2022) sore. 

Hasyim juga menjelaskan, adapun masyarakat yang tercover UHC tersebut ialah,  penduduk kota Medan memiliki BPJS Kesehatan aktif, baik yang mandiri, pekerja maupun yang PBI dari pemerintah.

Baca Juga:   Edy Rahmayadi Minta Tim Pengprov Atletik Sumut Tambah Target Emas di PON 2024

“Masyarakat yang memiliki BPJS mandiri Klas I,II,III tidak aktif lagi karena tunggakan, bisa juga didaftarkan kembali. Asalkan mereka bersedia di pindahkan ke kategori gratis Klas 3, bantuan pemerintah dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai yang disediakan pihak rumah sakit. Dan secara otomatis, tunggakan iuran merekapun ditiadakan, serta tidak di kenakan denda layanan yang 5%,” jelasnya.

Ketua DPC PDI-P kota Medan ini kembali menambahkan, untuk menerapkan layanan UHC di Kota Medan, membutuhkan perjuangan yang panjang dari para anggota legislatif.

“Kurang lebih 3 tahun, kami mengusulkan kepada Pemko Medan, agar penduduk kota Medan yang memiliki KTP kota Medan dapat berobat secara gratis ke rumah sakit manapun yang memiliki kerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:   Pemprov dan PPAD Sumut Gelar Sunatan Massal

Dan syukurnya, sambung Hasyim, berkat kolaborasi yang baik, antara lembaga Legislatif dan Eksekutif tersebut, akhirnya program UHC diberlakukan mulai 1 Desember nanti.

“Harapannya, program ini berjalan dengan baik. Sehingga kedepannya, tidak ada lagi laporan ke kami, ada masyarakat kota Medan ditolak berobat ke rumah sakit, akibat tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan. Untuk itu sekali lagi, saya apresiasi langkah positif Walikota Medan yang akan memberlakukan program UHC mulai bulan depan,” pungkasnya. (AY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini