Rabu, Februari 1, 2023
BerandaMedanPemko Medan Dorong Generasi Muda Berwirausaha

Pemko Medan Dorong Generasi Muda Berwirausaha

MEDAN – realitasonline.id | Pemerintah Kota (Pemko Medan) menggelar Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan 2022 dan Temu Wicara Organisasi Kepemudaan di Lapangan Pertiwi, Selasa (29/11). Melalui kegiatan ini, generasi muda didorong untuk semakin giat berwirausaha.

Jambore ini dibuka Wali Kota Medan melalui Kadispora Pulunga Harahap. Dalam sambutannya, Pulungan berharap Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran nasional, rasa cinta Tanah Air, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas untuk menciptakan wirausaha muda yang berdaya saing dalam menggerakkan perekonomian di Kota Medan melalui Wirausaha.

Dijelaskan, saat ini telah memasuki era globalisasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan pada pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya, serta daya saing.

Namun satu sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, mulai dari hoax, hate speech, pornografi dan pergaulan bebas hingga radikalisme.

Baca Juga:   Kunjungan Menhan RI Ke Pelindo Sempat Ricuh, Ratusan Personil Karang Taruna Diusir

“Dalam menjalankan kehidupan pada era globalisasi apalagi dengan terbukanya masyarakat ekonomi ASEAN tentu menambah deretan tantangan yang dihadapi generasi muda,” ungkapnya.

Diungkapkan, selain semakin sempitnya lapangan pekerjaan, daya saing adalah hal yang paling menonjol belakangan ini. Tentu bukanlah bagian dari pengkerdilan diri, bukan bagian dari meningkatkan aura pesimistis di lapangan generasi muda.

“Seharusnya ini menjadi amunisi, menjadi bahan bakar penggerak semangat berkompetisi, bukan hanya kompetisi dalam lapangan pekerjaan normal, namun juga informal seperti berwirausaha,” paparnya.

Dikatakan, wirausaha harus terus dikembangkan sebagai salah satu Soko guru atau tiang tengah perekonomian di Kota Medan. Pemko Medan akan terus menggerakkan masyarakat untuk berwirausaha. Khususnya generasi muda. Jangan lagi berharap pada pekerjaan seperti pegawai dan keryawan. Pemuda harus mandiri dalam segala hal termasuk finansial.

Baca Juga:   Pemprov Manfaatkan Momentum HPN Suarakan DBH Sawit dan Potensi Sumut

“Karena itu, melalui Jambore ini diharapkan generasi muda dapat menyadari potensi diri dan potensi wirausaha dalam memacu gerak kehidupannya. Bayangkan jika seluruh generasi muda di sini nanti membuka usaha baru, maka semakin banyak lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran di Kota Medan,” harapnya.

Selain itu, juga diharapkan banyak wirausaha muda yang memperkaya Kota Medan dan mengkokohkan perekonomian Kota Medan. Dengan kata lain, akan membantu Pemko Medan menekan pengangguran yang bermuara berkurangnya angka kemiskinan.

Ketua Panitia Irwan Karimuddin Pane, SSos, MSP melaporkan, kegiatan ini diikuti 80 peserta temu wicara dan 40 peserta stand pameran. Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Medan itu berharap kegiatan ini bisa mendorong generasi muda untuk semakin giat berwirausaha. (KIM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU