Kamis, Januari 21, 2021
Beranda Medan Strategi Investasi di Kota Medan dan UMKM Diseminarkan

Strategi Investasi di Kota Medan dan UMKM Diseminarkan

MEDAN – realitasonline.id | Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar seminar nasional Strategi Investasi di Kota Medan dan UMKM, Selasa (24/11/2020) di Sky Lounge Hotel Swissbell In Medan.

Bertindak sebagai narasumber Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Bobby Nasution yang menyampaikan presentasi Medan Ramah Pada Investasi (Rapi) secara virtual. 
Tampak hadir pada seminar tersebut ketua umum BPD HIPMI Sumut, Mazz Reza Pranata,  anggota DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari dan Ketua Kadin Sumut, Ivan Iskandar, Ketua Hipmi Medan Palacheta Subies Subianto dan peserta seminar yang terdiri dari para pengurus Hipmi Sumut dan anggota Hipmi Medan.

Dihadapan para pengusaha muda di Medan, Bahlil Lahadalia mengatakan tentang banyaknya investasi di Indonesia khususnya di Kota Medan yang mangkrak akibat dari aturan-aturan daerah (regulasi yang diterbitkan pemerintah daerah) saling tumpah tindih. 

Untuk menaikan tingkat kesejahteraan berbanding lurus dengan perbaikan ekonomi sebuah kota. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuka keran investasi sehingga terbuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja. Oleh karena itu sudah saatnya pemerintah sudah memikirkan untuk membangun daya saing Kota Medan melalui ramah investasi, ungkap Bahlil Lahadalia.

Ada tiga kendala besar mengapa investasi bisa mangkrak. Hal ini disebabkan oleh tumpang tindihnya aturan-aturan antara pemerintah  provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah pusat, jelasnya. Dia menyebutkan Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap investasi ini dengan membenahi seluruh infrastruktur jalan-jalan di Indonesia terkhusus di Sumatera Utara. 

Ditegaskan Bahlil Lahadalia, Provinsi Sumatera Utara berada di peringkat 10 sebagai daerah tujuan investasi Perusahaan Modal Asing (PMA) dan peringkat ke-8 sebagai daerah tujuan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Artinya, provinsi ini memiliki daya tarik yang luar biasa dan hal ini didukung pula dengan pelabuhan Belawan yang mampu memberikan pelayanan logistik.

“Dari data yang saya miliki Pelabuhan Belawan mampu melayani ekspor sawit (CPO) hingga 27 miliar dolar AS. Ini sangat luar biasa,” kata Kepala BKPM.

“Ini merupakan peluang bagi pelaku usaha UMKM untuk melakukan investasi di Kota Medan mengingat jumlah penduduknya 2,1 juta jiwa,” tambah Bahlil Lahadalia yang menyebutkan investasi tidak harus diartikan sebagai PMA atau PMDN tapi pelaku UMKM juga bisa melakukan investasi meskipun dengan modal Rp 10 juta.

Bahlil Lahadalia juga memberikan motivasi kepada pengusaha-pengusaha muda di Medan agar ambil bagian dalam investasi tersebut.

Sementara itu Bobby Nasution yang memaparkan presentasi Medan Ramah Pada Investasi secara virtual menekankan perlunya kepastian hukum dalam berbisnis hingga kenyamanan berbisnis.

Bobby yang ikut bertarung dalam Pilkada Medan menekankan bahwa untuk menjadikan Medan ramah investasi diperlukan birokrasi yang tidak berbelit-belit, dan bebas pungutan liar (pungli). (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Sembilan Miliar Lebih APBD Taput Digelontorkan Khusus Bangun Jembatan Interkoneksi Desa Terpencil

TAPUT - Realitasonline.id | Komitment Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababam untuk peningkatan perekonomian warga Desa terpencil melalui akselerasi infrastruktur jalan dan jembatan...

Gubernur Edy Rahmayadi Minta Prioritas Pengelolaan Geopark Kaldera Toba untuk Kemakmuran Rakyat

MEDAN – realitasonline.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pengelolaan Geopark Kaldera Toba tetap diprioritaskan untuk kemakmuran masyarakat kawasan Danau Toba. Karena...

Kepala DLH Aceh Selatan Minta Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan dan Ke Indahan Gampong

TAPAKTUAN - realitasonline.id | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Selatan, untuk penampungan sampah sementara ada dua unit Continer yang diletakkan di kawasan Pasar...

Wujudkan Bebas Pungli Pemkab Asahan Adakan Pertemuan ke Segala Lini

ASAHAN - realitasonline.id | Ketua Pelaksana Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Asahan yang juga menjabat sebagai Waka Polres Asahan, Kompol. Sri...