Sabtu, Juni 6, 2020
Beranda Sumut 68 Warga Non Reaktif Pasca Tracing Kontak Dua Tenaga Medis Positip...

68 Warga Non Reaktif Pasca Tracing Kontak Dua Tenaga Medis Positip Hasil Swab Test

TAPUT – Realitasonline | Sejak dilakukan Tracing terhadap kontak dua tenaga medis Puskesmas Situmeang Habinsaran EL dan JS, sejak Selasa (19/5) 2020.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan masih 68 warga yang dilakukan Rapid Test dan semuanya non reaktif.

“Hingga saat ini 68 warga yang dilakukan tracing saat dilakukan Rapid Test non reaktif atau negatif,” ungkap juru bicara Gugus Tugas Indra Simaremare diruang kerjanya, Jumat (22/5).

Sekda Taput tersebut menambahkan berdasarkan hasil Rapid Test Non Reaktif mereka tidak perlu diisolasi namun tetap menjaga pola hidup sehat. “Tidak perlu isolasi, namun ikuti aturan protokol kesehatan. Dan Gugus Tugas masih tetap melakukan Tracing lagi,” ungkapnya.

Terkait EL dan JS yang saat ini diisolasi di Rumah Sakit Daerah Tarutung, Indra mengatakan sedang dipulihkan kondisinya. “Terakhir mereka di Rapid Test pasca hasil Swab Test dari Laboratorium USU masih reaktif positip, makanya kita lihat dulu pemulihan kondisi dengan pemberian vitamin baru akan di Swab lagi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui hasil tracing waktu lalu, ada 59 tenaga medis yang positif Rapid Test dilanjutkan dengan Swab Test yang menjalani isolasi telah dinyatakan negatif Covid-19.

Dan ke 59 tenaga medis yang sempat diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung telah kembali kerumahnya masing-masing. Namun, ada perkembangan baru dari Tracing pasien PDP TS (73) yang saat ini sudah dinyatakan sembuh Covid-19 yakni Pemkab Taput menerima hasil uji laboratorium untuk 2 orang petugas Puskesmas Situmeang Habinsaran.

Hasil yang diterima, Selasa (19/5) 2020,  ada dua tenaga medis inisial EL dan JS dinyatakan positip hasil Swab Test. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Indra Simaremare didampingi Kadiskes Alexander Gultom dan Dirut RSUD dr Janri Nababan membenarkan hasil Swab Test yang dikeluarkan Laboratorium USU.

Dikatakannya,  sample mereka dkirim ke Provinsi pada tanggal 09 Mei 2020,” Dengan hasil itu, mereka akan kita rawat di RSUD Tarutung dan akan melakukan Tracing kembali kontak mereka,” katanya.

Indra menambahkan, hingga saat ini telah terkonfirmasi 3 (Tiga) orang positif dari Tapanuli Utara, yakni TS, EL dan JS. “Untuk pasien TS telah dinyatakan sembuh dan kembali ke rumahnya, namun kontaknya kemarin dua tenaga medis tersisa terpapar,” tambahnya.

Selanjutnya tindakan yang akan dilakukan, sebut Indra yakni melakukan tracing untuk menggali riwayat kontak atau interaksi dengan kedua orang tersebut. “Kami tim Gugus Tugas tetap menegaskan tidak ada pelonggaran dalam pengawasan orang masuk dan keluar, pengawasan terhadap kerumunan.

Untuk itu, kami tetap menegaskan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Tapanuli Utara. Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Menjaga jarak, Jangan berkerumun, dan Gunakan masker. Tetap tinggal di rumah, jangan mudik atau pulang kampung,” tegasnya. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

Wiwiek Sisto Widayat: Akibat Covid-19 Diperkirakan Perekonomian Sumut Melemah di Triwulan II

MEDAN - Realitasonline.id | Bank Indonesia memprediksikan perekonomian Sumatera Utara (Sumut) pada triwulan II tahun 2020 ini akan mencapai titik terendahnya, yang...

Warga Resah, Abdya Masuk Zona Merah Covid-19

BLANGPIDIE - Realitasonline | Pasca ditetapkannya Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama delapan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Aceh berstatus zona merah corona...

Kejari Paluta Tindaklanjuti Laporan Dugaan Penyelewengan ADD dan DD Aek Haruaya

PALUTA - Realitasonline | Adanya dugaan penyalahgunaan pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, Kepala Desa Aek...

Dukungan Pelaku Pariwisata Parapat New Normal di Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Pasca dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan simulasi pelaksanaan New Normal di Kabupaten Simalungun, khusus daerah wisata Parapat, 31/05/2020 yang...