Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaEkonomiBupati Taput Teken, Rp 5 Miliar Lebih DAK Pusat Benahi 3 Spot...

Bupati Taput Teken, Rp 5 Miliar Lebih DAK Pusat Benahi 3 Spot Wisata Prioritas

TAPUTrealitasonline.id | Untuk menggeliatkan kembali nantinya wisata ditengah Pandemi, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) berupaya membenahi sarana prasarana destinasi tujuan wisata.

Pembenahan yang membutuhkan anggaran cukup besar, APBD Taput tidak akan mampu memenuhi terlebih adanya refocusing anggaran.

Jalan yang ditempuh Bupati Taput Nikson Nababan yakni meminta kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bagi Dinas Pariwisata ke Pusat.

Usulan itu telah ditampung untuk tahun depan senilai Rp 5 miliar lebih dan sebagai bentuk komitmen, Bupati Taput telah menandatangani kesanggupan pemeliharaan dan pengelolaan aset hibah sarana prasarana pariwisata.

” Ya, Pak Bupati telah menandatangani kesanggupan pemeliharaan dan pengelolaan aset hibah sarpras pariwisata sebagai kelengkapan dokumen DAK itu tahun depan direalisasikan,” ujar Kadis Pariwisata Yunus Caesar Hutauruk, Kamis (22/7) 2021.

YC Hutauruk yang saat itu didampingi Kabid Pengembangan Wisata Estomihi Sihombing dan Kabid Destinasi Wisata Jeffry Sinaga, mengemukakan surat kesanggupan yang ditandatangani Bupati Taput nomor 503/2433/30.3/VII/2021 tanggal 22 Juli salah satu prasyarat yang wajib dipenuhi.

Baca Juga:   Pangdam I/BB dan Kapoldasu Yakinkan Putusan MK di Labuhanbatu Aman dan Terkendali

” Usulan Pak Bupati sudah dibahas di Bappenas bahkan besarannya sudah diplot Rp 5 miliar lebih, nantinya dana itu untuk pembenahan tiga spot wisata Salib Kasih Siatas Barita, Kampung Nenas Sipahutar dan Hutaginjang Muara,” sebutnya.

DAK Fisik untuk pembenahan sarpras tiga destinasi tujuan wisata dirinci YC yaitu Salib Kasih pembangunan gazebo, taman wisata olahraga, tempat ibadah, alat komunikasi darurat, menara pandang, pedestrian dan kelengkapan sarpras tourism information centre (TIC).

Baca Juga:   Giat KUMHAM Peduli, Lapas Kelas IIA Siantar Berbagi ke Masyarakat Terdampak Covid-19

Sedangkan wisata Kampung Nenas berupa pembangunan Toilet, alat komunikasi darurat, gazebo, kios cinderamata, parkir serta TIC.

Hal yang sama untuk Hutaginjang Muara pengadaan Tourism Information Centre.

” Kita harapkan pagu DAK Fisik Pariwisata untuk tahun depan tidak berubah nilainya serta tidak terkena refocusing,” pungkasnya. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU