Jaksa Menyapa Kejari Simalungun Ajak Pemerintah Manfaatkan JPN

0
Kajari Gloria Sinuhaji bersama bidang Intel & Datun dalam program Jaksa Menyapa. (Realitasonline/RH)

Simalungun – Realitasonline | Melalui jaksa menyapa kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun mengajak dan menghimbau semua instansi pemerintah, BUMN/BUMD bahkan seluruh Nagori se-kabupaten Simalungun untuk memanfaatkan dan memberdayakan Jaksa Pengacara Negara (JPN).

Sebagai JPN bertugas melakukan penegakan hukum, memberikan  bantuan hukum, memberikan pelayanan hukum, melakukan tindakan hukum dan menjelaskan tentang pertimbangan hukum.

Demikian dipaparkan Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji didampingi Kasi Intel Retno TH Pasaribu melalui program jaksa menyapa di salah satu radio di kota Pematangsiantar yang jangkauannya meliputi seluruh wilayah Simalungun, Selasa (30/6).

Jaksa sebagai JPN melakukan pendampingan dan bertindak atas nama hukum sebagai Penggugat/Tergugat sesuai dengan tupoksinya berdasarkan Surat Kuasa Khusus (SKK) dari instansi pemerintah seperti berbagai dinas, BUMN/BUMD bahkan tingkat Nagori/Kelurahan.

Kajari dalam paparannya menyebutkan Jaksa sebagai Pengacara Negara berdasarkan pasal 30 UU RI No.16/2004 tentang kejaksaan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dapat bertindak baik didalam maupun diluar pengadilan untuk dan atas nama negara/pemerintah.

Jaksa juga memberikan penjelasan hukum tentang perdata kepada masyarakat yang memerlukannya dan juga memberikan pendapat hukum (legal opinion)/pendampingan dan legal assistance di bidang perdata atas dasar permintaan lembaga negara.

Kejagung juga telah bersinergi dengan KPK tentang penyelamatan asset negara yang terbengkalai atau yang tidak jelas status hukumnya atau dikuasai pihak lain untuk ditindaklanjuti sehingga menjadi jelas dan terang, jelas Sinuhaji.

“Untuk itu Kajari Simalungun menghimbau kepada seluruh instansi pemerintah, BUMN/BUMD memanfaatkan JPN untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan tugas tugasnya dibidang Datun dengan tujuan memaksimalkan penyelamatan keuangan negara”, kata¬†Sinuhaji. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here