‘Lampet’ Makanan Khas Pilkades

0

TARUTUNGrealitasonline.id | Disiapkan bersama calon,” lampet ” makanan khas daerah,menjadi santapan ringan pemilih pada pemungutan suara pilkades di beberapa desa di Tapanuli Utara.

Desa Hutagalung Siualuompu , satu dari 200 desa penghelat pilkades serentak di daerah ini,kepada setiap warga diberi lampet berikut mineral.

Di pintu keluar TPS, setiap warga yang selesai mencoblos di bilik suara dan memasukkan surat suara ke kotak suara melangkah melalui pintu keluar.

Sementara di pintu keluar tentu setelah mencelupkan tinta ke jari kelingking, oleh petugas menyuguhkan lampet berikut mineral.

Makanan khas daerah ini, bukan disiapkan panitia melalui anggaran pilkades. Karena pastinya tidak ada dianggarkan oleh instansi terkait untuk itu.

Sumber lampet sesuai penelusuran, justru disiapkan calon kepala desa.” Betul, lampet disiapkan calon kades”,ujar Beslit Sihite dan Ryandiko Nainggolan anggota PPKD Desa Hutagalung Siualuompu.

Baca Juga:   Pemkab Tapsel dan Aceh Tamiang Jalin Pertukaran Pengetahuan dan Pengalaman

Apa yang dikatakan Beslit, benar,ujar Ketua PPKD ,Jekson Hutagalung kepada media disela proses pemungutan suara berlangsung.

Diterangkan, sebelumnya 3 cakades,atas masukan dari PPKD sepakat bergotong royong menanggung lampet untuk disuguhi kepada warga usai mencoblos.

Sebanyak 1200 lebih pemilih terdaftar di DPT , kepada setiap pemilih disiapkan 2 biji lampet dan mineral. 

Panitia mewartakan secara langsung kepada warga pemilih,bahwa makanan lampet disiapkan calon dan didistribusikan kepala pemilih oleh petugas yang dihunjuk PPKD.

“Mauliate ma ,nga nipangan lampet ni calon i’ (terimakasih buat calon),ujar warga pemilih Boru Hutagalung.

Penganan lampet ini juga dinikmati ketiga calon kades di Desa Hutagalung yang berada di TPS induk dusun 3 . 

Didampingi istri ,3 cakades ( Jufry Edward Hutagalung,Rindu Parsaoran Hutagalung,Penganten Hutagalung mengikuti proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di TPS induk.

Pada pukul 10.00 Wib ketiga calon bersama istri dipandu ketua BPD Piter Thomson Hutagalung,PLT Kades Rikben Nainggolan dan petugas kepolisian bergerak menuju TPS dimana memberikan suara.

Baca Juga:   GNPK RI Dan Solidaritas Wartawan Madina Geruduk Kejari Pertanyakan Independensi

Selesai mencoblos,calon dan istri kembali ke TPS induk atau TPS 3 di Oman Soburan Dusun 3, hingga berakhir penghitungan suara.

Seperti diwartakan, Rindu Parsaoran Hutagalung nomor urut 2 berhasil meraih suara terbanyak dari dua calon lainnya.

Masih kabar dari kenegerian Siualuompu, tiga desa penghelat pilkades dan masih diikuti calon petahana.

Desa Siraja Oloan ,calon petahana Doslan Sihite, Desa Hutagalung Siualuompu calon petahana Penganten Hutagalung dan Desa Simamora calon petahana  Rotua Pasaribu bernasib kurang beruntung.

Masing-masing raihan suara mereka masih dibawah suara calon lain yang menjadi pemenang.

Petahana kurang beruntung ,ujar warga setelah masing-masing PPKD mengumumkan dulangan suara para calon kades di tiga desa tersebut. (MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini