Legislator Tapsel Ini Bangun Jalan Rabat Beton Sepanjang 340 Meter  Melalui Dana Aspirasi

0

TAPANULI SELATAN – realitasonline.id | Pada tahun 2022, hampir semua kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggunakan dana aspirasinya untuk berbagai kegiatan yang tujuannya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di Desa yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing anggota DPRD.

Seperti hal nya anggota DPRD Tapsel Ipong Dalimunthe, SE, yang duduk di Komisi ‘A’ DPRD Tapsel, dengan dana aspirasi DPRD Tahun Anggaran (TA) 2022 sebesar Rp.500 juta, ia gunakan untuk membangun fasilitas infrastruktur yakni jalan penghubung antar Desa Silangkitang – Sihulambu di Kecamatan Aek Bilah, dengan panjang sekitar 340 meter dan lebar 4 meter, dengan konstruksi cor rabat beton.

” Tahun ini, dana aspirasi yang saya terima dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) digunakan untuk pembangunan jalan Desa dan saat ini sedang tahap pekerjaan, ” ujar Ipong Dalimunthe, Kamis (17/11/2022).

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini dana aspirasi sebesar Rp.500 juta yang digunakan untuk pembangunan jalan Desa tersebut diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomi masyarakat yang ada di dua Desa dan melancarkan arus transportasi Desa yang selamat ini sebahagian besar masih jalan tanah dan bila hujan turun kondisi jalan menjadi berlumpur dan licin sehingga masyarakat menggunakan kuda beban untuk mengangkut hasil pertanian.

Baca Juga:   Yaspen Bina Ul-Ummah Bunayya Padang Sidempuan Gelar Seminar Parenting ke XX

” Dana untuk pembangunan jalan Desa itu dianggarkan senilai Rp.500 juta dari dana aspirasi anggota DPRD Tapsel dan jalan dengan konstruksi cor rabat beton itu sudah bisa dilalui warga untuk mengangkut hasil produksi pertanian, walaupun belum seluruhnya bisa di cor, karena keterbatasan biaya. Tapi sebahagian jalan sudah di cor rabat, mudah – mudahan tahun 2024 pembanguna jalan sudah tuntas, ” ujar anggota DPRD Tapsel dari Fraksi Gabungan itu.

Ia menyebutkan, dirinya akan seoptimal mungkin, membawa dana aspirasi ini, untuk pembangunan di Desa, sehingga warga bisa memanfaatkan sebaik mungkin. Ia berharap, aspirasi tersebut bisa dijaga dengan baik, jangan sampai rusak, karena itu dipergunakan untuk kepentingan bersama.

” Walaupun tidak banyak aspirasi yang masuk, karena banyak Desa lain juga membutuhkan sentuhan pembangunan, pendek kata semuanya terbagi dan merasakan hasilnya. Mari jaga dengan baik pembamgunan yang telah kita laksanakan ini, ” tandasnya.

Warga masyarakat Desa Silangkitang Kecamatan Aek Bilah Kakmat Ritonga sangat setuju dan menyambut baik akan adanya kehadiran jalan Desa tersebut, terlebih lagi, jalan yang dibangun yakni jalan untuk penghubung antara Desa Sihulambu dan Desa Sikangkitang yang ada di wilayah Kecamatan Aek Bilah, sehingga, nantinya dapat dijadikan akses mengangkut hasil pertanian.

” Alhamdulilah dengan dibangunnya jalan tersebut, yang selama ini kondidinya masih jalan tanah dan pengangkutan hasil pertanian hanya bisa menggunakan kuda, kini sudah terbantu dan tidak lagi mengunakan jalan yang rusak lagi, ” terang Kakmat Ritonga.

Baca Juga:   Bupati Lepas 6 Siswa Tapsel Ikuti FTBI di Jakarta

Demikian juga yang diungkapkan Maringan Hasibuan, warga Dusun Silayag-layang Desa Sikangkitang, bahwa jarak Desa Silangkitang menuju Desa Sihulambu sekira 18 km, yang masih ada beberapa kilometer masih jalan tanah

” Untuk mengangkut hasil pertanian  seperti, karet, kopi dan buah sawit, warga petani masih kesulitan. Tapi dengan dibangunnya jalan Desa mudah-mudahan sakit meringankan ‘penderitaan’ warga untuk mengangkut hasil pertanian, ” terang Maringan.

Hal senada disampaikan Lindung Pane, warga Desa Silangkitang dan Jannan Dalimunthe, warga Dusun Huta Tonga Desa Gorahut Kecamatan Aek Bilah berharap, dengan dibangunnya infrastruktur jalan tersebut, kiranya dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan memberikan peluang kerja bagi masyarakat setempat Desa.

” Dengan pembangunan jalan konstruksi rabat beton, diharapkan masyarakat bisa menikmatinya dan kami dari masyarakat merasa berterima kasih kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, Wakil Bupati Rasyid Assaf Dongoran selaku putra daerah Aek Bilah dan Anggota DPRD Tapsel Ipong Dalimunthe yang telah mengucurkan dana aspirasinya untuk membangunkan Aek Bilah. Hal ini sangat positif sekali, sehingga dapat membantu warga dalam beraktifitas baik ke kebun dan membawa hasil panen, ” tutur mereka. (RI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini