Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaEkonomiLUT Relokasi Tahap III Korban Erupsi Sinabung Belum Tuntas

LUT Relokasi Tahap III Korban Erupsi Sinabung Belum Tuntas

KABANJAHE – realitasonline.id | Program Pemkab.Karo dalam rangka penyediaan areal lahan usaha tani ( LUT) untuk korban Erupsi sinabung hingga saat ini belum tuntas untuk diserahkan kepada warga.Sementara hunian sudah siap dikerjakan pada 2020 lalu namun masyarakat ,”enggan” menempati karena  mereka tidak mempunyai lahan pertanian untuk diolah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karo melalui Kabid Rehabilitasi/ Relokasi Nius Ginting ketika dikonfirmasi Jumat (16/07/2021) membenarkan masih terkendalanya program penyediaan LUT untuk relokasi tahap ketiga (III).

Menurutnya, pada 2020 lalu Pemkab.Karo sudah melaksanakan beberapa kegiatan untuk pengadaan hunian dan prasarana lainnya untuk pemukiman bagi 1022 kepala keluarga dari Desa Sukanalu, Desa Sigaranggarang, Desa Mardinding dan Dusun Lau Kawar.

Tetapi ketika program pengadaan LUT Pkab Karo mendapat hambatan karena ada penggarapan dari warga desa sekitarnya yang mengklaim areal tersebut untuk diolah sebagai areal pertanian mereka. Akibatnya kontraktor yang mengerjakan menghentikan pekerjaan.

Baca Juga:   Dewan Pembina KSJ Kukuhkan 35 Pengurus Desa

Dikatakan, areal seluas 480,11 hektar merupakan eks areal hutan produksi yang diperoleh Pemkab.Karo dari Menteri KLH sesuai surat keputusan nomor : 547/Menhut.LHK/Setjen/PLA .2/10/2017  tentang Pelepasan Kawasan Hutan Produksi Tetap.

Sedangkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK nomor SK 107/Men LHK-II/2015 tentang Pinjam Pakai Hutan Produksi di Siosar seluas 416, 44 hektar sudah selesai direalisasi namun masih mempunyai sisa lebih kurang 70 hektar  dikuasai oleh masyarakat Desa Sukamaju.

Menyikapi permasalahan  tersebut, katanya menambahkan, Pemkab .Karo sudah berulang ulang melakukan negosiasi dengan masyarakat penggarap namun belum menghasilkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan.

Bahkan Forkopimda Kabupaten Karo juga sudah berupaya membangun komunikasi untuk mencari jalan penyelesaian namun hingga saat ini belum berhasil. Sementara sewa rumah dan sewa lahan bagi warga dari ketiga desa dan satu dusun tersebut dananya tidak tersedia dalam APBD Karo 2021. (JP)

Baca Juga:   Supriadi Pengedar Sabu Asal Tanah Jawa Diganjar 10 Tahun Bui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU