Senin, Oktober 18, 2021
BerandaSumutPagelaran Seni Budaya Lintas Etnis, Upaya Merajut Kebersamaan

Pagelaran Seni Budaya Lintas Etnis, Upaya Merajut Kebersamaan

PADANGSIDIMPUAN – realitasonline.id | Dalam upaya merajut kebersamaan atar etnis yang ada di Kota Padangsidimpuan, Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Dinas Pariwisata, Kota Padangsidimpuan melaksanakan Pagelaran Seni Budaya Lintas Etnis Kota Padangsidimpuan tahun 2020 yang berlangsung di Kebun Desa Batang Bahal Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, Rabu (28/10/2020).

Pagelaran dibuka Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH, Forkopimda, Sekdakota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, para Asisten, Wakil Ketua TP PKK,
pimpinan OPD, tokoh adat, tokoh seni dan tokoh dari seluruh etnis yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Dalam kesempatan yang itu, Wakil Walikota mengajak semua pihak menjaga kedamaian, keamanan, dan ketertiban agar menjadi pondasi dasar dalam membangun Kota Padangsidimpuan yang aman, damai dan nyaman.

Menurut Wakil Walikota, pegelaran lintas etnis ini merupakan bagian dari pendidikan multikultural sebagai wujud penguatan karakter bangsa dan pagelaran ini menjadi moment yang sangat berharga.

” Misi besar yang dilaksanakan oleh Pemko Padangsidimpuan adalah untuk merajut simpul-simpul perbedaan yang ada, baik karena perbedaan etnis, adat istiadat, agama, budaya, bahkan pandangan politik di Kota Padangsidimpan, “ katanya.

Diungkapkannya, Kota Padangsidimpuan didiami bermacam-macam etnis bahkan agama. Karena itu Kota Padangsidimpuan yang majemuk dan heterogen harus bisa menjadikan perbedaan itu sebagai rahmat dan persamaan itu adalah amanah.

” Diharapkan dengan pagelaran seni antar etnis ini, semua pihak dapat menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab moral dan politik di dalam diri bahwa berbeda adalah sunatullah. Seluruh komponen masyarakat yang berhimpun dalam gerakan etnis harus mampu berbaur, tidak mengeksklusifkan diri sehingga melalui kegiatan budaya ini bisa saling kenal-mengenal, “ paparnya.

Baca Juga:   Aturan PPKM Mengendur Satgas Covid 19 Siantar Lakukan Pendekatan Humanis

Sementara itu Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH, dalam dambutannya menyampaikan, keberagaman suku dan budaya yang ada di kota Padangsidimpuan merupakan bukti bangsa yang besar. “Keberagaman ini harus terus dirawat dan dipelihara dan dibingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,.

” Saya berharap agar pagelaran itu dapat menjadi ajang untuk menambah pengetahuan dan memahami nilai nilai budaya secara baik khususnya bagi kalangan pencinta seni budaya dan sarana promosi daerah di Kota Padangsidimpuan, ” terang Siwan.

Baca Juga:   Vaksinasi Covid-19 Untuk Kalangan Lansia di Kota Padangsidimpuan Masih Minim

Plt Kadis Pariwisata Mei Jenni, S.Sos, MM melapirkan Pagelaran seni budaya lintas etnis kota Padangsidimpuan tahun 2020 merupakan bagian dari integral pembangunan dunia pariwisata pelestarian nilai nilai seni dan budaya daerah.

Pementasan atau atraksi budaya daerah yang bertujuan melestarikan dan sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, kecerdasan para generasi muda mudi untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan karya seni budaya.

” Kegiatan ini merupakan program tahunan Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Pariwisata dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan antara pemerintah dengan masyarakat untuk merekatkan anak bangsa yang secara sosiologis kultural yang memiliki perbedaaan horizontal, “ ujar Jenni. (RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU