Jumat, Juni 18, 2021
BerandaSumutPerijinan dan Pemasaran Tantangan Pelaku UMKM

Perijinan dan Pemasaran Tantangan Pelaku UMKM


KABANJAHE – realitasonline.id | Perijinan dan kesulitan pemasaran hasil produksi menjadi kendala bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM ) Kabupaten Karo. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Karo berkomitmen akan siap memberikan bantuan.

Hal tersebut menjadi topik pembicaraan pada diskusi  yang digelar asosiasi para pelaku UMKM Karo dan UMKM Sumut yang bergabung dalam Kolaborasi Kalak Karo (Kol Karo ) yang juga dihadiri Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting bertempat di Jambur Pemkab Karo Senin (10/05/2021).

Dalam siaran pers Kabag Humas – protokol Setdakab Karo menyebutkan untuk menanggulangi keluhan para pelaku UMKM Wakil Bupati Karo siap memberikan bantuan dalam mengurus perizinan, hingga kesulitan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Diduga Palsukan Surat, JH Dilapokan ke Polsek Balige Toba

Baca Juga: PKB Bagikan Beras 10 Ton ke Dapil Sumut VI dan Medan

Disamping itu, para pelaku UMKM juga berharap adanya proses pelatihan untuk meningkatkan kualitas hasil produk dan ditanggapi positip dan berkomitmen untuk menindak lanjutinya.”Saya menjamin tidak ada pungutan liar untuk para pelaku UMKM,” Ungkap Wakil Bupati Karo.

Wakil Bupati Karo mengingatkan para pelaku UMKM untuk terus melakukan evaluasi kualitas produk mereka baik dari kualitas produk hingga kemasan. Dua hal tersebut merupakan kunci agar produk-produk UMKM bisa menembus pasar yang lebih baik ke depannya. 

Wakil Bupati Karo  berharap para pelaku UMKM melalui Asosiasi UMKM Kabupaten Karo bisa bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM. Para penggiat UMKM diharapkan tidak bekerja secara sendiri-sendiri namun saling bahu membahu agar menjangkau pasar yang lebih luas dan Pemerintah Kabupaten Karo berkomitmen hadr membantu para pelaku UMKM. ” Mari semua saling bersinergi untuk membangun UMKM di Kabupaten Karo karena merupakan tulang punggung perekonomian kita khususnya di masa pandemi Covid-19,” harapnya. 

Dalam sambutannya Founder KolKaro Stefanus Purba mengatakan “Kegiatan ini untuk menghimpun tantangan-tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di Kabupaten Karo. Harapannya, hasil diskusinya nantinya bisa menjadi terobosan untuk meningkatkan kualitas pelaku UMKM baik dari sisi sumber daya manusia hingga produk mereka agar memiliki daya saing dengan pasar ke depannya,”

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati Mulia Barus, Kadis Tenaga Kerja dan UMKM Adison Sebayang, Kabag Humas Protokol F.Leonardo Surbakti dan dihadiri para pelaku UMKM di Kabupaten Karo. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU