Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaKriminalPersidangan di Pengadilan Berlangsung Daring Hindari Covid-19

Persidangan di Pengadilan Berlangsung Daring Hindari Covid-19

P.SIANTARRealitasonline.id | Selama pandemi, persidangan perkara pidana berlangsung dalam jaringan (daring) di seluruh Pengadilan di Indonesia, termasuk di Pengadilan Negeri Pematangsiantar. 

Lazimnya, terdakwa dihadirkan ke persidangan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Namun sejak pandemi pada Maret 2020 lalu, semua aktifitas dilakukan dalam ruang lingkup terbatas. 

Beginilah cara Aparat penegak Hukum (APH) memprosesnya. Si terdakwa disidangkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan terhubung secara virtual dengan jaksa dan hakim juga pengacara di pengadilan. Para tahanan/terdakwa tidak diperbolehkan dibawa ke Pengadilan sesuai aturan dari Kemenkum guna meminimalisir penyebaran covid-19 di lingkungan Lapas.

BACA JUGA : PWI Siantar Turut Sukseskan Vaksinasi Kepada Sejumlah Wartawan

Demikian juga di Pengadilan Negeri, persidangan dilakukan dalam ruang lingkup terbatas. Keberadaan saksi yang dihadirkan juga dibatasi agar tidak terjadi kerumunan di ruang sidang.

Baca Juga:   Di Masa PPKM Darurat, Polres Batubara Gelar Bakti Sosial Bersama NU

Ruang persidangan juga dibatasi dengan posisi duduk yang berjarak sehingga tetap menjaga jarak dan Prokes. Sebelum masuk ke ruang persidangan, petugas akan lebih dulu melakukan pengecekan suhu tubuh dan memastikan pengunjung memakai masker dan mencuci tangan.

BACA JUGA : Mulai Besok, Satgas Covid-19 Larang Pesta Pernikahan di Padangsidimpuan

Demikian dikatakan Humas Pengadilan Negeri Pematangsiantar Rahmat Hasibuan SH ketika ditanya wartawan, Jumat (11/6) di kantornya.

Menurutnya, proses persidangan tetap harus berjalan di tengah pandemi. Sehingga persidangan online atau secara virtual akan tetap berlangsung selama pandemi. Meski kendalanya jika mati lampu atau signal kurang bagus dapat menggangu jalannya persidangan.

Baca Juga:   Langkat Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021

Sehingga semua berharap pandemi cepat berlalu agar dapat beraktivitas sebagaimana layaknya. Baik si terdakwa, jaksa, pengacara dan juga saksi dapat dihadirkan dalam satu ruang sidang secara jelas, ungkapnya. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU