Senin, September 20, 2021
BerandaEkonomiSejumlah Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Palas Belum Miliki Izin

Sejumlah Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Palas Belum Miliki Izin

PALASrealitasonline.id | Lima puluh satu (51) perusahaan perkebunan di Kabupaten Padang Lawas, namun hanya Tujuh Belas (17) yang memiliki Izin, sisanya sebanyak 34 perusahaan perkebunan belum mengantongi Izin.

Adapun luas lahan yang memiliki izin seluas 49.223,46 Ha, sedang yang tidak mengantongi izin diperkirakan seluas 31.669 Ha.

Selain itu masih banyak perkebunan kelapa sawit yang dikelola masyarakat secara pribadi di atas lahan 25 hektar dan belum berbadan hukum bahkan tidak memiliki izin usaha perkebunan, diperkirakan ribuan bahkan puluhan ribu hektar.

Seperti beredar kabar di kecamatan Sosa seorang oknum ASN inisial MYN memiliki ratusan hektar lahan kebun, kepemilikannya atas nama keluarga. 

Saat di konfirmasi beberapa waktu lalu, MYN oknum ASN pemprovsu pada dinas pendidikan tersebut membenarkan hal tersebut. Belum lama ini benar membeli kebun sawit 500 hektar di Sialiali. 

Baca Juga:   Aktivitas Tambang Pasir Ilegal Disorot PKB Taput

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Palas Falah Fitri Daulay, SP, Selasa (14/8) mengatakan, perkebunan merupakan salah satu andalan devisa penerimaan Negara di sektor pertanian dan keberadaanya perlu mendapat perhatian serius.

Dinas pertanian dan perkebunan Palas terus menghimbau kepada masyarakat yang memiliki lahan perkebunan 25 Hektar agar mendaftarkan kebun miliknya menjadi badan hukum serta memiliki izin usaha perkebunan. 

Baca Juga:   Rp 73 M Pinjaman PEN Digunakan Tepat Sasaran

Hal ini sesuai undang-undang Nomor 39 Tahun 2014 tentang perkebunan, sebagai dasar acuan usaha perkebunan, jelasnya. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU