Minggu, Agustus 9, 2020
Beranda Sumut Terkait Dugaan Kampanye Terselubung, KOMPAK Laporkan Walikota Tanjungbalai ke Bawaslu

Terkait Dugaan Kampanye Terselubung, KOMPAK Laporkan Walikota Tanjungbalai ke Bawaslu

Tanjungbalai – realitasonline.id | Diduga melakukan kampanye terselubung di dunia pendidikan menjelang Pilkada 2020 lewat media informasi berupa majalah, Komite Mahasiswa Pemuda Peduli Kota (KOMPAK) melaporkan Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah setempat.

Laporan tertulis bersama barang bukti diserahkan Ketua Kompak Tanjungbalai, Ramadhan Batubara dan diterima langsung Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai, Dedi Hendrawan, Selasa (14/7).

Ramadhan mengatakan, dalam laporan itu pihaknya membeberkan sejumlah dugaan bahwa Walikota HM Syahrial dengan jabatan dan kewenagannya memanfaatkan  Majalah Pintar sebagai sarana kampanye terselubung jelang Pilkada Tanjungbalai 2020.

“Kami nilai majalah itu dimnafaatkan sebagai sarana kampanye terselubung di dunia pendidikan, dibuktikan dengan keterlibatan beliau (Syahrial) sebagai pembina majalah tersebut,” kata Ramadhan.

Ia melanjutkan, kampanye terselubung itu disinyalir dengan menggunakan kekuasaan (intervensi) terhadap pemimpin umum maupun pemimpin redaksi Majalah Pintar untuk menerbitkan informasi berjudul “H.Waris SAg MM seorang Birokrat yang Maju di Pilkada 2020”.

Kemudian, pada edisi lain juga terbit tulisan berjudul “HM Syahrial Komit Berpasangan Dengan H Waris S Ag MM” sehingga dinilai telah mencemari dunia pendidikan dengan muatan politik untuk kepentingan yang menguntungkan diri sendiri maupun kelompok.

“Kedua informasi tersebut dinilai sarat muatan politik untuk kepentingan Syahrial yang dipastikan maju sebagai petahana berpasangan dengan Waris pada Pilkada Tanjungbalai 9 Desember 2020 mendatang,” ungkap Ramadhan.

Ia melanjutkan, selain Walikota pihaknya juga melaporkan kepala sekolah SD, SMP dan SMA/Sederajat sekota Tanjungbalai karena diduga kuat berkonfirasi dengan Walikota dalam melakukan kampanye terselubung. Alasannya, Majalah Pintar diduga ilegal itu dibayar kepada pemasok dengan menggunakan uang negara bersumber dari dana Biaya Operasional Sekolah/BOS.

Dalam hal ini, juga diduga kuat Syahrial menggunakan kekuasaannya mengintervensi setiap kepala sekolah tingkat SD hingga SMA/Sederajat diwajibkan membeli Majalah Pintar itu.

Terkait keberadaan Majalah Pintar, Ramadhan mengaku sedang menyiapkan laporan kepada pihak kepolisian Polres Tanjungbalai agar memeriksa oknum F selaku pemimpin umum majalah tersebut.

“Majalah itu diduga ilegal, tidak sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang mewajibkan setiap media informasi berbau pers wajib berbadan hukum. Ketentuan pidananya ada sehingga akan dilaporkan ke polisi,” tegas Ramadhan Batubara.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai, Dedi Hendrawan menyatakan segera mempelajari laporan yang disampaikan Kompak dan akan ditindak lanjuti. “Kami akan pelajari dulu laporannya. Pasti diproses sesuai kewewanangan Bawaslu berdasarkan peraturan dan perundang undangan yang ada,” kata Dedi. (YA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

Hefriansyah Gowes Bareng Ratusan Pesepeda Siantar Sejauh 25 Km

P.SIANTAR – Realitasonline.id | Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengikuti Gowes Bareng (Gobar) Siantar 25 kilometer. Gobar yang diikuti ratusan pesepeda...

Pemkab Taput Turunkan Alat Berat Perbaiki Jembatan Rusak

TARUTUNG – Realitasonline | Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui dinas Pekerjaan Umum, turunkan alat berat memperbaiki jembatan Aek Puli yang kondisi rusak...

Letkol CPN Yusuf Adi Puruhita Pegang Tongkat Komando Dandim 0117/Atam

ACEH TAMIANG | Realitasonline.id | Tongkat Komando Kodim 0117/Atam beralih dari Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos. M.I. Pol dan sekarang...

FBT: Kekompakan dan Persatuan Pineppar Raja Tangger Penambah Semangat

PAKPAK BHARAT – realitasonline.id | Dengan adanya kekompakan dan persatuan keturunan Raja Tangger seperti ini menambah semangat bagi saya untuk mengikuti kontestasi...