Kamis, Juli 9, 2020
Beranda Sumut Terkait Pilkada, Bawaslu Karo Awasi Verifikasi Faktual Berkas Calon Perseorangan

Terkait Pilkada, Bawaslu Karo Awasi Verifikasi Faktual Berkas Calon Perseorangan

KABANJAHE – realitasonline.id | Dalam rangka menyikapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah  ( Pilkada ), 9 Desember 2020 Bawaslu Kabupaten Karo menyiapkan metode pengawasan untuk memverifikasi data dukungan warga untuk calon perseorangan.

Metode yang telah disiapkan tim Bawaslu dinilai sangat efektif dalam pengawasan, menyikapi telah ditetapkannya di dalam aturan di tingkat desa dan kelurahan bahwa ada satu orang pengawas untuk mengawasi lima atau enam orang panitia pemungutan suara (PPS) dalam verifikasi faktual.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabapaten Karo Eva Juliani Br Pandia kepada Waspada, Senin (29/6) di Kabanjahe.

Tim Bawaslu sudah mengakomodir potensi kelemahan dalam pengawasan. Sehingga tim ini juga sudah menyiapkan strategi dalam memback up dukungan pengawasan, kata, Eva Juliani.

Salah satu strategi yang telah dibangun tim Bawaslu berupa pemetaan terhadap desa dengan dukungan kepada calon perseorangan cukup banyak. 

Sebelum PPS melakukan verifikasi faktual di desa, terlebih dahulu dilakukan kordinasi dengan Pengawas Kelurhan/Desa (PKD), jadi berdasarkan banyaknya dukungan terhadap calon perseorangan ini maka pihak tim Bawaslu dapat menambah tenaga pengawas dari pihak kecamatan ke desa itu.

Terlebih ada 28 desa/kelurahan  dari 269 desa/kelurahan yang tidak memberi dukungan terhadap calon perseorangan, tentunya di 28 desa ini, ada 28 PKD yang tidak bekerja selama 14 hari masa verifikasi faktual, boleh saja mereka ini diperbantukan untuk mengawasi verifikasi faktual, sebutnya.

Selain itu, jika PPS dan PKD tidak dapat melakukan verifikasi terhadap warga desa yang dikunjunginya akibat COVID-19, maka pihak penghubung dari calon perseorangan dapat mengumpulkan pendukungnya di balai desa atau di kecamatan, untuk dilakukan verifikasi faktual dan bisa langsung diawasi, sebutnya.

Hal lain dalam verifikasi faktual, PPS dapat melakukan video call dengan warga yang memberi dukungan kepada calon perseorangan, karena wewenang itu ada di KPU Kabupaten, katanya.

Dengan metode seperti ini kata Eva Juliani, tugas-tugas Bawaslu dalam mengawasi tahapan Pilkada Kabupaten Karo dapat dilakukan dengan maksimal guna mensukseskan Pilkada Kab. Karo.

Eva Juliani mrnambahkan agar masyatakat juga ikut melakukan pengawasan dan apabila ada menemukan pelanggaran supaya melaporkan ke Bawaslu.

” Apabila ada masyarakat yang merada tidak pernah memberikan dukungan tapi namanya terdaftar sebagai pendukung calon tersebut dapat mengajukan keberatan ke kami”, ujarnya. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

“Jemput Bola” Rekam E-KTP, Disdukcapil Pakpak Bharat Terima Penghargaan Gubsu

PAKPAK BHARAT - Realitasonline | Untuk memenuhi persyaratan bagi warga Pakpak Bharat yang sudah berusia 17 tahun atau yang telah kawin untuk...

“Mardua Holong” Tampil Apik Pada Perayaan HBA Kejari Simalungun

SIMALUNGUN - Realitasonline | Keluarga besar  Kejari Simalungun merayakan HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) ke 59 penuh suka cita bertempat di Hotel Horizon...

BERITA TERBARU

UNESCO Global Geopark, Edy Rahmayadi Dorong Peningkatan Fasilitas Kaldera Toba

DELISERDANG - realitasonline.id | Dewan Eksekutif United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada sidang ke-209 menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global...

Simpan Ganja Dalam Gubuk Divonis 5 Tahun Bui

Simalungun - realitasonline | Batu Marsaid Lada Simarmata (42) terbukti menyimpan ganja dalam gubuk divonis 5 tahun denda 900 juta subsider 6...

Pemprov Sumut Terus Kembangkan Transaksi Elektronik

MEDAN - realitasonline.id | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus mengembangkan transaksi digital. Hingga saat ini, Pemprov Sumut memiliki beberapa aplikasi transaksi elektronik,...

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati dan Ketua TP PKK Asahan Gerakan Tanam Cabai

ASAHAN - realitasonline.id | Gerakan Tanam Cabai memiliki maksud dan tujuan untuk memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan baik di pedesaan maupun perkotaan dalam memproduksi kebutuhan pangan.